Penelitian ini bertujuan untuk mendalami esensi nilai-nilai pendidikan multikultural dari perspektif Al-Qur'an, khususnya Surah Al-Hujurat ayat 9-13, kemudian merangkum esensi nilai-nilai dalam Al-Qur'an untuk menggali makna mendalam tentang keragaman, toleransi, dan kerjasama antarindividu dan kelompok dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah maudlu’i dengan pendekatan kualitatif, memungkinkan analisis mendalam terhadap konteks dan implikasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Al-Qur'an. Surah Al-Hujurat ayat 9-13 dipilih karena memberikan landasan kuat bagi prinsip inklusivitas, penghormatan terhadap perbedaan, dan pentingnya kerjasama dalam masyarakat harmonis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur'an menawarkan pandangan inklusif tentang keberagaman manusia dan nilai-nilai yang harus ditanamkan dalam pendidikan. Penelitian ini juga memberikan wawasan tentang aplikasi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam konteks pendidikan Islam, termasuk pengembangan kurikulum inklusif, metode pembelajaran berbasis keberagaman, serta pembentukan sikap dan keterampilan interkultural peserta didik agar menjadi agen perubahan positif. Selain itu penelitian menetapkan dua fokus penelitian, meliputi bagaimana konsep Al-Qur’an surah Al-Hujurat ayat 9-13? dan Apa saja nilai-nilai pendidikan multikultural yang terkandung dalam Al-Qur'an Surah Al-Hujurat ayat 9-13?. Penelitian ini berkontribusi signifikan pada pemahaman pentingnya nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Islam dan memberikan panduan praktis bagi pendidikan yang berorientasi pada inklusivitas dan kedamaian sesuai ajaran Al-Qur'an.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024