Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SIKAP SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS

Dine Trio Ratnasari (STKIP Setia Budhi Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajarankooperatif STAD dan metode ceramah bervariasi ditinjau dari sikap sosial siswa terhadapkemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IVSDN Kaduagung Timur 1 Kec. Cibadak Kab. Lebak-Banten dengan menggunakan rancanganEksperimen Faktorial Treatment by level 2x2. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Hasilpenelitiannya adalah : (1) secara keseluruhan, kemampuan berpikir kritis siswa pada matapelajaran IPS yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan metode ceramah bervariasi, (2) untuk siswa yang memilik sikapsosial tinggi, kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS siswa yang belajar denganmodel pembelajaran STAD lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan menggunakanmetode ceramah bervariasi, (3) untuk siswa yang memiliki sikap sosial rendah, kemampuanberpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Siswa yang belajar dengan menggunkan modelpembelajaran STAD lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan metode ceramah bervariasi(4) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan sikapsosial terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Dari hasil temuanpenelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dan sikap sosial berpengaruh terhadapkemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Kaduagung Timur 1 Kec.Cibadak Kab. Lebak-Banten. Kata kunci: kooperatif, sikap sosial, kemampuan berpikir kritis

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpds

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi digagas untuk memberi wadah publikasi bagi dosen, guru, peneliti dan praktisi Pendidikan Dasar yang bertujuan untuk menampung gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian pada sekolah ...