Kemampuan membaca merupakan salah satu standar kemampuan dalam Bahasa Indonesia yang harus di capai pada semua jenjang pendidikan, termasuk di jenjang Sekolah Dasar. Melalui kemampuan membaca di harapkan siswa mampu membaca dan memahami teks bacaan dengan kecepatan yang memadai, sehingga untuk mengetahui dan memudahkan mengetahui segala sesuatu, salah satu cara adalah melalui kegiatan membaca. Perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dibedakan dari bagai mana guru menyampaikan pembelajaran. Pada kelas eksperimen guru menyampaikan materi dengan metode membaca cepat sekaligus melatih anak membaca cepat sedangkan pada kelas kontrol guru menyampaikan materi pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan maka dapat di simpulkan, terdapat pengaruh dalam metode membaca cepat pada siswa, dalam proses pembelajaran siswa dapat belajar menjadi aktif, dan dapat memberikan memberikan motivasi kepada siswa agar dapat giat dalam membaca dan siswa dapat lebih cepat memahami isi bacaan yang telah di baca
Copyrights © 2024