JENTIK
Vol. 2 No. 3 (2024): Jurnal Manajemen Teknologi Informatika

Penerapan Metode ADDIE dalam Pengembangan Game islami Labirin untuk Pembelajaran Interaktif

Mawarni, Gusti Risna (Unknown)
nurhidayah, intan (Unknown)
Putri Maharani, Elfira (Unknown)
Nugroho, Fresy (Unknown)
Karami, Ahmad Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Kemajuan teknologi pendidikan memberikan peluang untuk menciptakan media pembelajaran interaktif yang lebih menarik. Namun, masih banyak media pembelajaran konvensional yang kurang mampu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi game labirin interaktif menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) sebagai pendekatan sistematis. Game ini dirancang untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memadukan tantangan eksplorasi labirin dan elemen edukasi yang interaktif. Dalam tahap pengembangan, perangkat lunak Unity digunakan untuk memastikan hasil game yang optimal secara visual dan fungsional. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa game labirin yang dikembangkan berhasil meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan ADDIE dapat menjadi solusi yang efektif dalam pengembangan media pembelajaran interaktif yang inovatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JENTIK (Jurnal Manajemen Teknologi Informatika ) diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Universitas Ekasakti dalam membantu para akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menyebarluaskan hasil ...