Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah
Vol. 1 No. 10 (2024): CENDEKIA : Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah, Oktober 2024

Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN 5 Kalirejo

Suhadi, Buang (Unknown)
Sari, Yuli Ifana (Unknown)
Nawaji, Nawaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Keluarga merupakan lembaga pendidikan yang pertama dan utama dialami oleh siswa. Kedudukannya sebagai lembaga pendidikan yang bersifat kodrati menjadikan peranan orang tua memiliki peranan untuk bertanggung jawab memelihara, merawat, melindungi dan mendidik siswa agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa di SDN 5 Kalirejo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat survey korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 5 Kalirejo yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni angket. Dengan teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh diperoleh nilai F hitung sebesar 5.823 dengan probabilitas 0,005 yang berarti bahwa lingkungan keluarga dan fasilitas belajar secara bersama sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan dari uji regresi variabel lingkungan keluarga memperoleh nilai sebesar 3.142 dan nilai signifikan sebesar 0,003 yang menunjukan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar. Dan hasil pengujian hipotesis koefisien regresi variabel fasilitas belajar memiliki nilai signifikan sebesar 0.040 maka fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan ini maka hipotesis keduanya diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan bagi siswa dapat lebih meningkatkan hasil belajarnya terutama bagi siswa yang hasil belajarnya dibawah kriteria ketuntasan minimum yang telah ditetapkan guru bidang study. Dan bagi orang tua dapat memberikan perhatian yang besar pada anak dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health

Description

CENDEKIA : Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmiah accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Economics, Health, ...