Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Vol 7, No 2 (2024): November 2024

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR KELAS VI SDN 20 INDARUNG PADANG

Rahayu Syafwan, Metha Kemala (Unknown)
Miswarti, Miswarti (Unknown)
Afnuhazi, Ridhyalla (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar.Hasil belajar pada anak usia sekolah mempengaruhi kualitas siswa, untuk menciptakan SDMyang berkompeten dan berkualitas. Berdasarkan data dinas pendidikan Kota Padang lulusanSDN 20 Indarung Padang didapatkan sebagian kecil yang dapat diterima di sekolah lanjutanfavorit. Siswa memiliki nilai dengan rentang nilai (rata-rata 75-85). Tujuan penelitian yaituuntuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VI SDN 20Indarung Padang Tahun 2024. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan desain crosssectional study dilaksanakan di SDN 20 Indarung Padang pada bulan Februari-September 2024.Populasi adalah siswa kelas VI SDN 20 Indarung Padang, sampel berjumlah 58 siswa.Langkah-langkah dalam pengolahan data yaitu editing, coding, entry dan cleaning. Analisa dataunivariat dengan distribusi frekuensi dan analisa bivariat dengan uji-square dengan tingkatkepercayaan 95%. Hasil penelitian 44,8% siswa kelas VI dengan hasil belajar baik, 60,3%dengan pola asuh demokratis, 56,9% dengan orang tua yang tidak bekerja, 56,9% denganlingkungan keluarga yang baik. Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh denganhasil belajar (nilai p=0,000), status pekerjaan dengan hasil belajar (nilai p=0,001), dan tidakada hubungan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar (nilai p = 0,265).Melalui kepala sekolah, agar guru dapat menjalin hubungan dengan keluarga siswa sehinggadapat bekerja sama dalam mengatasi masalah yang bersangkutan dengan hasil belajar siswauntuk dicarikan solusinya. Peneliti selanjutnya dapat menjadikan dasar penelitian ini dalammelakukan penelitian selanjutnya terkait hasil belajar siswa dan mengatasi masalah belajardengan metode yang berbeda.Kata Kunci : hasil belajar, pola asuh, status pekerjaan, lingkungan keluarga

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

meditory

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kesehatan Saintika Meditory adalah Jurnal Kesehatan berbahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Stikes Syedza Saintika dua kali setahun pada setiap bulan Mei dan November. Proses penyerahan naskah terbuka sepanjang tahun. Semua naskah yang dikirim akan melalui peer review ganda dan ulasan ...