Journal of Informatics and Interactive Technology (JIITE)
Vol. 1 No. 1 (2024): April

Perancangan UI/UX pada Aplikasi Pembelajaran Online Deagle Menggunakan Metode Design Thinking

Churil Aeni, Agustina (Unknown)
Setyo Utomo, Fandy (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2024

Abstract

Untuk mengatasi keterbatasan pemahaman teknologi digital di kalangan pelajar dan mahasiswa di Indonesia, terutama dalam konteks pembelajaran online, maka dari itu peneliti merancang UI/UX aplikasi bernama Deagle E-Learning App. Tujuan dari aplikasi ini adalah meningkatkan literasi digital dengan menyediakan pengalaman belajar yang efektif dan menarik. Dalam pengembangan aplikasi ini, peneliti menggunakan Metode Design Thinking yang terdiri dari 5 tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Metode ini dipilih karena berfokus pada pengguna dan kebutuhan mereka, mengidentifikasi kebutuhan secara terfokus, menghasilkan ide- ide untuk memecahkan masalah, dan mengimplementasikannya melalui pembuatan prototype. Dengan demikian, desain antarmuka (UI/UX) yang peneliti buat akan lebih relevan, fungsional, dan memenuhi kebutuhan pengguna. Selama proses pengembangan, peneliti juga mengatasi beberapa masalah yang perlu diatasi, seperti ketidakpuasan pengguna terhadap antarmuka, tingkat kemudahan penggunaan fitur- fitur, kesulitan operasional platform, dan kurangnya motivasi untuk belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiite

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The Journal of Informatics and Interactive Technology aims to provide a platform for the exchange of knowledge and innovation in the field of computer science, human-computer interaction, data analysis, artificial intelligence, information systems, computer engineering, and emerging technologies. ...