Lentera: Multidisciplinary Studies
Vol. 3 No. 1 (2024): Lentera: Multidisciplinary Studies

Menumbuhkan Kesadaran Aqidah Akhlak Materi Fungsi Iman kepada Rasul Untuk Kelas 7 Smp Muhammadiyah 8 Yogyakarta Melalui proses Pembelajaran yang Efektif

Rahma, Annisa (Unknown)
Perawironegoro, Djamaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Fenomena penurunan pada pengamalan integrtias karakter generasi muda semakin meningkat. Permasalahan tersebut diakibatkan praktik ketidakseimbangan pada terapan yang hanya mengacu pada kognitif saja tanpa melibatkan afektif dari peserta didik tersebut. Tujuan yang dicapai dalam penelitian berupa 1) proses pengimplementasian pembelajaran dari Aqidah akhlak yang terlaksana di kelas 7 SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta, 2) efektivitas metode penerapan pembelajaran Aqidah akhlak dalam Kelas 7 SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta, 3) pengetahuan dalam faktor dukungan hingga hambatan dalam pembelajaran Aqidah akhlak. Tujuan tersebut menjadi acuan peneliti untuk mengetahui lebih detail bahkan efektivitas dalam metode pembelajaran hingga hambatan yang dihasilkan pada praktik belajar selama ini di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode Kualitatif deskripsi. Hasil penelitian bisa menjadi masukan untuk pengembangan kurikulum atau strategi pembelajaran di sekolah Muhammadiyah, terutama dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak, kesimpulan ini Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, guru dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran akan aqidah dan akhlak siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ln

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Lentera: Multidisciplinary Studies is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and scientific fields. The journal is published monthly once by PT. Publikasiku Academic Solution Lentera: Multidisciplinary Studies provides a means for sustained discussion of relevant ...