Perlunya pengembangan SDM pada pendidikan dasar menjadi pondasi dalam meningkatkan kematangan peserta didik tidak hanya secara akademis saja namun juga secara sosioemosionalnya. Perkembangan teknologi yang semakin maju menuntut berbagai perubahan sehingga SDM harus dapat seimbang dengan terjadinya perubahan secara global dan masiv saat ini sejak dini. Kegiatan dilaksanakan melalui metode Participatory Rural Apraisal (PRA) melalui berbagai tahapan seperti pra penugasan, tahap penugasan, dan tahap akhir penugasan. Implementasi program kegiatan antara lain pembuatan majalah dinding (mading) yang rutin, bermain tebak kata, bermain hitungan sederhana, dan menampilkan sejarah agar terbuka informasi bagi siswa. Hasil dari kegiatan yang berlangsung selama satu semester siswa SDN Ujungmanik 05 Kawunganten siswa mengalami peningkatan belajar dan perubahan pola belajar yang lebih baik daripada sebelum diadakan program kampus mengajar angkatan 5.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024