Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Vol 6, No 2 (2024): Vol 6, No 2 (2024): Desember (2024)

PENGRUH GAYA MENGAJAR GURU EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN IPS SMA NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR

Jamil, T.M (Unknown)
Ruaida, Ruaida (Unknown)
Safitri, Maulida (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

ABSTRAKMotivasi belajar adalah dorongan atau keinginan siswa untuk melaksanakan pembelajaran. Salah satu yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah gaya mengajar. Gaya mengajar adalah ciri-ciri kebiasaan, kesukaan yang penting hubungannya dengan murid, bahkan gaya mengajar lebih dari suatu kebiasaan dan cara istimewa dari tingkah laku atau pembicaraan guru atau dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa pada jurusan IPS SMA N 2 Kuta Baro Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Kuta Baro jurusan IPS tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 30 siswa. Sampel dari penelitian adalah kelas XI-XII jurusan IPS yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, koefisien determinan dan uji t dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari t-hitung sebesar 1,701 dan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi siswa dapat dilihat dari besarnya koefisien determinan R Square (r2) sebesar 37,5% pengaruh yang diberikan oleh variabel gaya mengajar guru terhadap variabel motivasi Belajar Siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar.Kata Kunci :Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendidikan-ekonomi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. Jurnal ...