cover
Contact Name
Asmaul Husna
Contact Email
asmaulhusna319@gmail.com
Phone
+6282241985296
Journal Mail Official
asmaulhusna319@gmail.com
Editorial Address
Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Darussalam
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
ISSN : 27467775     EISSN : 27467775     DOI : -
urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) provides informative variety of papers geared toward theory and practice in the following area: Issues and ideas, as well as contemporary research findings in the field of economic education Innovation in the field of pedagogy, curriculum, hardware, teaching materials, and methods & models in economic learning evaluation of Economic teaching methods, learning attitudes and interests, materials, or processes. Reports on events that influence economic education in all levels of education age (from early childhood to adulthood) and three main lines of education, namely formal, nonformal, and informal.
Articles 72 Documents
PERSEPSI PENJUAL TERHADAP PENERAPAN PEMBAYARAN QUICK RESPONSE INDONESIA CODE STANDARD (QRIS) DI KOTA BANDA ACEH Raihan Safira; Ruaida Ruaida; T.M Jamil; Irma Anggraini
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 2 (2024): Vol 6, No 2 (2024): Desember (2024)
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i2.33465

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi para penjual dengan adanya penerapan pembayaran metode QRIS di Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan 10 orang responden yaitu penjual yang menerapkan pembayaran menggunakan QRIS yang ada di kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data meliputi teknik kepustakaan, teknik lapangan yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persepsi yang sama bagi penjual mengenai permasalahan QRIS dalam penggunaanya mulai dari masalah jaringan, keterlambatan masuknya uang dalam rekening penjual, namun ada satu penjual yang merasa kurang puas dengan biaya admin yang memberatkan penjual, serta konsumen kalangan orang tua yang belum mengetahui penggunaan QRIS. Terdapat pula kesamaan sudut pandang terkait pemanfaatan dari penerapan pembayaran menggunakan QRIS yaitu memudahkan dalam proses transaksi khususnya bagi kalangan remaja yang tidak perlu membawa uang cash secara berlebihan, merasa lebih aman dan nyaman dalam penyimpanan uang karena langsung masuk kedalam rekening penjual.Kata kunci : Persepsi, Sistem Pembayaran non tunai, Quick Response Indonesia Code Standard (QRIS).
PENGRUH GAYA MENGAJAR GURU EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA JURUSAN IPS SMA NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR T.M Jamil; Ruaida Ruaida; Maulida Safitri
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 2 (2024): Vol 6, No 2 (2024): Desember (2024)
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i2.33464

Abstract

ABSTRAKMotivasi belajar adalah dorongan atau keinginan siswa untuk melaksanakan pembelajaran. Salah satu yang mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah gaya mengajar. Gaya mengajar adalah ciri-ciri kebiasaan, kesukaan yang penting hubungannya dengan murid, bahkan gaya mengajar lebih dari suatu kebiasaan dan cara istimewa dari tingkah laku atau pembicaraan guru atau dosen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru ekonomi terhadap motivasi belajar siswa pada jurusan IPS SMA N 2 Kuta Baro Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Kuta Baro jurusan IPS tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 30 siswa. Sampel dari penelitian adalah kelas XI-XII jurusan IPS yang berjumlah 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, koefisien determinan dan uji t dengan menggunakan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya mengajar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari t-hitung sebesar 1,701 dan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, pengaruh gaya mengajar guru terhadap motivasi siswa dapat dilihat dari besarnya koefisien determinan R Square (r2) sebesar 37,5% pengaruh yang diberikan oleh variabel gaya mengajar guru terhadap variabel motivasi Belajar Siswa Jurusan IPS di SMA Negeri 2 Kuta Baro Aceh Besar.Kata Kunci :Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa
PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) PRAJABATAN PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA Armi Maiyusta; Amiruddin Amiruddin; Alfi Syahril Fuadi Jaya
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 2 (2024): Vol 6, No 2 (2024): Desember (2024)
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i2.33457

Abstract

ABSTRAKPPG Prajabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan bagi lulusan sarjana maupun diploma empat, baik dari kependidikan maupun non kependidikan bagi calon guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi mengikuti (PPG) Prajabatan pada Mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi berjumlah 1.349 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel berjumlah 93 mahasiswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan menguji hipotesis menggunakan uji t. Berdasakan uji regresi diperoleh Y = 35,114 + 0,361X. Hasil uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikan 0,05 yaitu thitung lebih besar dari ttabel (5,039 1,98638) sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Koefisien determinasi (R2) sebesar 21,8% yang menunjukkan bahwa variabel lingkungan keluarga mempengaruhi motivasi mengikuti PPG Prajabatan, sedangkan 78,2% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi mengikuti PPG Prajabatan pada mahasiswa FKIP Universitas Syiah Kuala.Keywords: Lingkungan Keluarga, Motivasi, PPG Prajabatan, Mahasiswa
PERAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH KERIPIK UBI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT TANI DESA SUKADAMAI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH Fitrah Aulia Rizki; Nana Suraiya; A. Razak A. Razak; Asmaul Husna
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 2 (2024): Vol 6, No 2 (2024): Desember (2024)
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i2.33461

Abstract

ABSTRAKPeran UMKM keripik ubi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat tani di Desa Sukadamai dilihat dari 4 faktor yaitu faktor modal, pendidikan, jam kerja, pengalaman serta keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran UMKM keripik ubi dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Sukadamai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 11 informan. Teknik analisis data menggunakan strategi tahap reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) UMKM memiliki 2 peran bagi masyarakat tani Desa Sukadamai Kecamatan Lembah Seulawah yaitu; UMKM keripik ubi sebagai sarana mengentaskan kemiskinan bagi masyarakat yang ada di Desa Sukadamai dengan dibukanya lapangan pekerjaan dan pemberian gaji untuk modal usaha, UMKM keripik ubi memiliki peran yang sangat penting dalam pemerataan ekonomi masyarakat di Desa Sukadamai dengan cara pembelian hasil panen yang ditanam masyarakat tani. Terdapat 3 faktor yang mempengaruhi peran UMKM dalam meningkatkan pendapatan masyarakat tani di Desa Sukadamai yaitu; petama modal bagi pekerja UMKM keripik ubi dengan cara membuka lapangan pekerjaan sehingga dapat memberikan modal dalam bentuk pendapatan dan keterampilan, UMKM secara tidak langsung juga memberikan modal kepada petani ubi dengan cara membeli hasil panen dari petani di Desa Sukadamai. Kedua Jam kerja mempengaruhi peran UMKM dalam meningkatkan pendapatan masyarakat karena dengan banyaknya waktu digunakan untuk bekerja maka akan meningkatkan pendapatan masyarakat tani. Ketiga pengalaman mempengaruhi pendapatan masyarakat karena dengan adanya pengalaman bekerja maka para pekerja UMKM keripik ubi dapat langsung direkrut, sedangkan bagi petani pengalaman dibutuhkan untuk meningkatkan hasil panen sehingga dapat menambahkan pendapatan.Kata kunci : Peran, UMKM, Pendapatan Masyarakat
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN KUE PALA PADA UD. MELDA DI DESA BATU ITAM KECAMATAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN Arma Yulia Ulfa; Musfiana Musfiana; Sakdiyah Sakdiyah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 2 (2024): Vol 6, No 2 (2024): Desember (2024)
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i2.33463

Abstract

ABSTRAKStrategi pemasaran merupakan rencana menyeluruh, dan menyatu dibidang pemasaran yang memberikan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan untuk terwujudnya tujuan pemasaran suatu perusahaan, maka dari itu sebuah perusahaan untuk mencapai tujuannya diperlukan strategi pemasaran karena mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan usaha, oleh karena itu bidang pemasaran berperan besar dalam merealisasikan rencana usaha. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan dalam meningkatkan omzet penjualan kue pala, (2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi UD.Melda dalam menjalankan 4P (Product, price, place, promosi).Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Subjek dalam penelitian ini ialah satu orang pemilik dan tiga orang karyawan kue pala, selanjutnya yang menjadi objek penelitian ini adalah strategi pemasaran dalam meningkatkan omzet penjualan kue pala.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran yang diterapkan dalam meningkatkan omzet penjualan kue pala masih belum maksimal karena tidak semua menerapkan 4P (produk (product), harga (price), tempat (place),dan promosi (promotion)salah satunya yaitu dari segi promosi yang belum menggunakan media sosial dalam mempromosikan hasil produknya namun UD.Melda masih mampu dalam meningkatkan omzet penjualan tanpa menerapkan strategi tersebut. (2) Kendala-kendala yang terjadi dalam menjalankan 4P, yaitu daristrategi produk yaitu dari proses penjemuran yang mengalami kendala pada cuaca pagi harinya. Masalah dari strategi harga disebabkan bahan baku utama (pala) yang melonjak tinggi, dan bahan pelengkap seperti gula dan plastik kemasan yang mengalami kenaikan harga. Dan terkendala dalam menggunakan media sosial, sehingga masih menggunakan penjualan langsung dan reseller.Keywords: Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Omzet Penjualan
PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 DARUSSALAM Nada Camelia; Nana Suraiya; Alfi Syahril
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 2 (2024): Vol 6, No 2 (2024): Desember (2024)
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i2.33451

Abstract

ABSTRAK Lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Lingkungan sekolah yang nyaman, tertib dan indah, serta sarana dan prasarana yang memadai dapat menambah semangat siswa dan mendapatkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMP negeri 1 darussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berbasis field research atau yang dikenal sebagai penelitian lapangan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam sebanyak 51 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dimana pengambilan sampel dilakukan secara acak yang setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, studi kepustakaan (Library Research), angket (kuesioner), skala pengukuran dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan menguji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh Y = 66,128 + 0,169X. Adapun koefisien regresi X 0,169 menyatakan bahwa setiap peningkatan lingkungan sekolah, maka hasil belajar meningkat sebesar 66,128. Maka koefisien tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan arah pengaruh variabel lingkungan sekolah (X) terhadap hasil belajar (Y) positif. Hasil uji t pada taraf signifikan 0,05 hipotesis diterima dibuktikan dengan nilai ditunjukkan thitung 4,703 ttabel 2,009. Koefisien determinasi (r2) sebesar 31,1% yang menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah mempengaruhi hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Darussalam, sedangkan 68,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Darussalam. Keywords: Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar Siswa
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR Firda Khairani; Ruaida Ruaida; Nana Suraiya
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 2 (2024): Vol 6, No 2 (2024): Desember (2024)
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i2.33455

Abstract

Model pembelajaran adalah perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran dikelas atau pembelajaran dalam tutor. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru adalah model pembelajaran discovery learning karena model ini memiliki kelebihan salah satunya menimbulkan rasa senang pada siswa karena tumbuhnya rasa untuk menyelidiki dan berhasil sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penlitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen jenis one group pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar yang terdiri dari 4 kelas.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI.IIS-1 yang berjumlah 20 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan perhitungan nilai rata-rata dan uji hipotesis. Brdasarkan hasil penelitia yang telah dilakukan hasil belajar siswa sebelum (pretest) penggunaan model pembelajaran discovery learning memperoleh nilai sebesar 51 dan sesudah (posttest) penggunaan model pembelajaran discoverylearning memperoleh nilai sebesar 79. Perbedaan dari kedua hasil belajar siswa sebesar 28 secara statistik nyata, artinya penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dapat ditandai dengan nilai t_(hitung ) t_(tabel )(8,2371,73961) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian hasil angket respon siswa terhadap model pembelajaran discovery learning juga termasuk dalam kategori baik, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar.Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar Siswa.
STRATEGI URUSAN PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA UNTUK MENDAPATKAN AKREDITASI UNGGUL Saputra, Wildi; Irsyadillah, Irsyadillah; Mustofa, Achmad
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 2 (2024): Vol 6, No 2 (2024): Desember (2024)
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i2.33456

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang diterapkan Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala dalam memperoleh akreditasi unggul serta mengungkap tantangan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian meliputi ketua jurusan, tenaga pendidik, dan ketua himpunan mahasiswa jurusan. Data dikumpulkan melalui purposive sampling, penelitian kepustakaan, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa jurusan menerapkan strategi berdasarkan sembilan aspek penilaian akreditasi, yaitu: (1) visi, misi, tujuan, strategi; (2) tata pamong, tata kelola, kerjasama; (3) mahasiswa; (4) sumber daya manusia; (5) keuangan, sarana, dan prasarana; (6) pendidikan; (7) penelitian; (8) pengabdian kepada masyarakat; dan (9) luaran dan capaian tridharma. Tantangan yang dihadapi meliputi peningkatan minat mahasiswa dalam pengembangan diri, pengelolaan anggaran, pelibatan mahasiswa dalam evaluasi, dan peningkatan kualitas pengajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang strategi pencapaian akreditasi unggul dalam pendidikan ekonomi.
Pendekatan Situational Crisis Communication Theory (SCCT) Dalam Penanganan Covid-19: Turki dan Indonesia Rahmilia Handayani; Darlis Azis
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2024): Vol 6, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i1.31770

Abstract

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak hanya memberikan peringatan tentang dampak risiko pandemi COVID-19, tetapi juga menekankan banyaknya informasi yang beredar di dunia maya, yang tidak dapat diverifikasi benar atau salahnya, WHO menyebut istilah tersebut sebagai 'infodemik', atau gabungan dari dua kata yaitu informasi dan pandemi. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa, di media sosial, informasi palsu lebih banyak dibagikan daripada informasi berbasis bukti. Ada beberapa penelitian sebelumnya yang menganalisis peredaran informasi palsu berbasis bukti selama keadaan darurat kesehatan. Namun masih ada yang buruk atau kurangnya sudut pandang oleh tanggapan publik terhadap reputasi lembaga pemerintah (Fungsi Hubungan Masyarakat). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penggunaan informasi yang bertanggung jawab sangat dipengaruhi oleh motivasi pengguna dalam mengarahkannya pada manfaat sosial-psikologis. Untuk menganalisis hal tersebut, peneliti berupaya melihat sejauh mana penggunaan media sosial berkontribusi terhadap penyebaran informasi dan/atau misinformasi di tengah masyarakat terkait pandemi Covid-19, dengan menggunakan metode kualitatif dengan studi komparatif menggunakan pendekatan Albert Bandura tentang Teori Kognitif Sosial (SCT) dan Teori Komunikasi Krisis Situasional (SCCT) dari beberapa sumber sekunder (Buku, Jurnal Media Sosial). Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi palsu paling banyak disebarkan oleh pengguna pada awal krisis akibat kepanikan (moral panic) yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, oleh karena itu diperlukan Pemerintah sebagai penyedia informasi yang berwenang untuk menyampaikan pesan-pesan utama. Temuan ini menunjukkan bahwa kehadiran Pemerintah untuk memberikan informasi yang benar dan akurat akan memperkuat reputasinya di mata publik.Keywords: Komunikasi Krisis, Infodemi, Teori SCT SCCT, Media Sosial, Humas dan Respon Pemerintah
Kedisiplinan Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Darul Imarah Aceh Besar Hairi Syaputra; Achmad Mustofa; Asmaul Husna
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Vol 6, No 1 (2024): Vol 6, No 1 (2024): Juni 2024
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24815/jimpe.v6i1.30996

Abstract

ABSTRAKKedisiplinan siswa merupakan aspek kritis dalam mencapai lingkungan pembelajaran yang efektifdi sekolah. Adanya kedsiplinan dapat membuat siswa menjadi lebih bertanggung jawab atasdirinya, dan lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinansiswa kelas IX di SMP Negeri 2 Darul Imarah Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposivesampling, dengan menetapkan 8 orang informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru IPS, guruIPA, guru BK, komite sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalahobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah datamodel interaktif (Miles And Huberman) yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa kelas IX di SMPNegeri 2 Darul Imarah Aceh Besar masih tergolong rendah, terlihat dari tiga indikator tertibmentaati peraturan sekolah ini tergolong masih rendah, tertib mentaati peraturan kelas tergolongrendah, dan tertib dalam melaksanakan tugas sudah lebih meningkat kedisiplinannya darisebelumnya. Kesimpulan dalam penelitian ini : (1) secara keseluruhan kedisiplinan siswa kelas IXdi SMP Negeri 2 Darul Imarah Aceh Besar masih tergolong rendah, (2) terdapat beberapa faktoryang menyebabkan kedisiplinan siswa tergolong rendah, seperti lokasi sekolah, lingkungan siswa,ekonomi, dan juga keluarga. (3) solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kedisiplinan siswakelas IX di SMP Negeri 2 Darul Imarah Aceh Besar adalah dapat melibatkan beberapa langkahstrategis dan penguatan program kedisiplinan di sekolah. Keywords: Kedisiplinan Siswa, Kelas IX, SMP Negeri 2 Darul Imarah Aceh Besar.