Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Vol 6, No 1 (2024): Vol 6, No 1 (2024): Juni 2024

PRODUK PUSAKA INDATU KULINER DI LAMPOH SAKA PIDIE

Inayatun Zuhra (Universitas Syiah Kuala)
Alfi Syahril Fuadi Jaya (Universitas Syiah Kuala)
A. Razak A. Razak (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

ABSTRAK Bisnis berkembang dengan sangat pesat di abad 21, semua pihak dapat secara bebas memasuki setiappasar yang dikehendaki tanpa adanya batasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segalabentuk implementasi konsep bauran pemasaran oleh usaha Pusaka Indatu Kuliner serta mengetahuibagaimana strategi yang diterapkan oleh usaha Pusaka Indatu Kuliner dapat dirasakan oleh pelanggan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunkan metode kualitatif, dimanapenulis mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisisdata menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yangdilakukan, diperoleh hasil bahwa strategi bauran pemasaran yang digunakan usaha Pusaka IndatuKuliner dapat menarik minat pelanggan. Adapun pengimplementasian strategi pemasaran yangdilakukan maka dapat dilihat bahwa usaha Pusaka Indatu Kuliner: (1) Memiliki produk yangmenawarkan berbagai makanan khas Aceh dan pelanggan menggemari apam dan putu. (2) Hargasetiap produk yang ditawarkan dipertimbangkan berdasarkan biaya bahan baku, biaya operasional,dan target konsumen dan pelanggan mengungkapkan bahwa harga yang ditawarkan sangat terjangkau.(3) Tempat atau lokasinya cukup strategis hal ini dibuktikan dengan pelanggan yang dapat melihatlokasi usaha Pusaka Indatu Kuliner dari jalan. (4) Kurang melakukan promosi namun dapat menarikpeminat pelanggan melalui lokasi yang strategis, banner, dan promosi mouth to mouth. (5) Memiliki 5karyawan dan pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh karyawan tersebut. (6)Pelanggan dapat memesan produk dari jam 9:00 -17:00 dan dapat dipesan online namun pelanggantidak dapat melihat proses yang dilakukan oleh karyawan. (7) Memiliki penataan yang baik dankebersihan yang terjaga serta pelanggan juga merasa nyaman berada di usaha Pusaka Indatu Kuliner Keywords: Strategi, Pemasaran, Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendidikan-ekonomi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. Jurnal ...