Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Vol 4, No 1 (2022): Vol 4, No 1 (2022): Juni 2022

PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SECARA DARING PADA SISWA SMA (Studi kasus di Gampong Panton Luas Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan)

Zakaria Zakaria (Universitas Syiah Kuala)
Alfi Syahril Fuadi Jaya (Universitas Syiah Kuala)
Rosa Ervira (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar secara daring pada siswa SMA di Gampong Panton Luas Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh orang tua dalam meningkatkan minat belajar secara daring pada siswa SMA di Gampong Panton Luas Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang mana data didapatkan melalui wawancara yang berupa penjelasan mendalam yang bersumber tulisan dan lisan dari objek atau orang yang diamati. Objek dalam penelitian ini adalah peran orang tua yang mempunyai anak yang masih sekolah di Gampong Panton Luas Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Sedangkan subjek penelitian ini adalah seluruh orang tua yang mempunyai anak yang masih sekolah di Gampong Panton Luas Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini yaitu klasifikasi, verifikasi, kesimpulan. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua sebagai pendidik, pendorong dan fasilitator sangat berperan dalam kegiatan pembelajaran anak secara daring, mereka tidak pernah mengabaikan perannya sebagai orang tua dalam proses belajar anak, didalam kesibukan sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT) dan sebagian orang tua yang memiliki pekerjaan tetap mengutamakan pendidikan anak. Akan tetapi dalam hal membimbing anak ketika belajar secara daring orang tua kurang berperan dikarenakan akses jaringannya sangat kurang, sehingga orang tua tidak bisa mendampingi anaknya ketika belajar secara daring. Orang tua juga mengalami kendala dalam meningkatkan minat belajar secara daring yaitudalam memenuhi fasilitas kuota internet untuk anak, kurangnya pemahaman akan materi yang dipelajari anak, serta dalam membagi waktu untuk mendampingi anak ketika sedang mengikuti proses belajar secara daring. Hal ini dikarenakan keadaan perekonomian mereka yang tidak stabil disebabkan oleh covid-19.Kata Kunci: Peran Orang Tua, Minat Belajar, Pembelajaran Daring

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendidikan-ekonomi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. Jurnal ...