All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 4, No 4: Desember 2024

Integrasi Generative Artificial Intelligence (GenAI) dalam Kurikulum Akuntansi: Implikasi untuk Kompetensi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0

Sriyanto, Darmawan (Unknown)
Lubis, Reza Hanafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Revolusi Industri 4.0 telah membawa transformasi signifikan dalam berbagai bidang, termasuk akuntansi. Generative Artificial Intelligence (GenAI) menjadi salah satu teknologi utama yang mampu mengotomatisasi tugas-tugas kompleks dan meningkatkan efisiensi dalam proses akuntansi. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana integrasi GenAI dalam kurikulum akuntansi dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis literatur dan studi kasus pada beberapa institusi pendidikan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan GenAI dalam kurikulum tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis mahasiswa, tetapi juga mendukung pengembangan kompetensi analitis, strategis, dan etis yang diperlukan di era digital.

Copyrights © 2024