Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar materi pengolahan rumput laut menggunakan metode make a match pada siswa kelas XI APHPI . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di salah satu SMK kelas XI Jurusan APHPI. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan skala motivasi belajar siswa, lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI APHPI SMK. Hasil data skala motivasi belajar siswa kelas XI APHPI mengalami peningkatan pada setiap indikatornya di setiap siklus. Perolehan presentase rata-rata pada setiap indikator yaitu sebesar 84 % atau termasuk dalam katagori baik. Hal ini dibuktikan dengan semua siswa dapat memasangkan kartu pertanyaan dan jawaban dengan benar. Meskipun untuk memasangkan antara kartu pertanyaan dan kartu jawaban siswa mengalami kesulitan, namun siswa tetap bersemangat dan tidak mudah putus asa untuk menemukan pasangan kartu tersebut.
Copyrights © 2024