Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan
Vol 4, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (Auditory,Intellectualy, Repetition) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DASAR DPIB SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) SMK

Manurung, Gloria Vanesca (Unknown)
Mulyana, Rachmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini melihat pengaruh dari metode pengajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa dalam elemen Dasar-Dasar DPIB pada Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) di salah satu SMK di Kota Medan. Metode yang digunakan adalah quasi-experiment, dengan dua kelompok siswa: satu kelompok dengan model Direct Learning, sementara kelompok lainnya menggunakan model AIR dengan populasi siswa kelas X dari Program Keahlian DPIB di SMK,sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling untuk membentuk kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes hasil belajar yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya, bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa setelah melalui proses pengajaran dengan model masing-masing. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pencapaian belajar siswa menggunakan model AIR lebih unggul daripada kelompok dengan model Direct Learning, dengan rata-rata nilai 81,25 untuk model AIR dan 61,93 untuk model Direct Learning. Pengaruh signifikan dari model AIR ini terbukti melalui uji-t satu pihak, di mana nilai thitung sebesar 6,44 lebih besar daripada ttabel 1,670.Model AIR berhasil meningkatkan interaksi dan komunikasi antar siswa secara signifikan, yang berdampak positif pada hasil belajar. Sebaliknya, model Direct Learning lebih cenderung menyebabkan siswa pasif, dengan keterlibatan yang minim dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh pendektan yang berfokus satu arah dari guru ke siswa sehingga mengurangi kesempatan bagi siswa berpartisipasi secara aktif dan kritis dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPTB

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Engineering Transportation Other

Description

The Journal of Building Engineering Education (JPTB) is a six monthly journal that contains manuscripts in the fields of education, building construction and entrepreneurship. The scope of JPTB is in the form of research results and analytical critical studies in the fields of Vocational Education, ...