Journal of Education Technology and Inovation
Vol. 3 No. 1 (2020)

PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAUD BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI TK (Studi Kasus di TK Terpadu Al-Mahrus

Amin Qudsi (Unknown)
Makmuri Makmuri (Unknown)
Asri Widiatsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perencanaan pembelajaran PAUD berbasis komputer dapat meningkatkan profesionalisme guru TK. Berbasis komputer pada penelitian ini yaitu membuat perencanaan pembelajaran PAUD dengan bantuan komputer yaitu program microsoft word, tab mailings dan microsoft excell. Sukjeb penelitian ini adalah guru-guru TK Terpadu Al-Mahrus. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi, wawancara dan melihat dokumen perencanaan pembelajaran yang ada di lembaga. Untuk mengetahui dampak yang dihasilkan dari penelitian, pengumpulan data dilakukan sebanyak dua kali yaitu ketika sebelum penelitian dilakukan dan setelah penelitian dilakukan agar dapat membedakan dampak dari dilaksanakannya penelitian yang dilakukan terhadap profesionalisme guru di lembaga tersebut. Dari hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut: (1) Diperoleh Aplikasi komputer yang tepat dan relevan digunakan dalam perencanaan pembelajaran PAUD yaitu program microsoft excell dan program microsoft word dengan mengunakan Tab Mailings yang berada di program microsoft word untuk menggabungkan datanya. (2) Tersusun tahapan perencanaan pembelajaran PAUD Berbasis Komputer yang tertata rapi dan sistematis (3) Manfaat perencanaan pembelajaran PAUD Berbasis Komputer mampu Meningkatkan Profesionalisme Guru di TK Terpadu Al-Mahrus Arjasa Jember hal tersebut ditandai dengan meningkatnya motivasi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) sehigga dapat meningkatkan perkembangan anak sesuai kurikulum 2013 PAUD

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The Journal of Educational Technology and Innovation (JETI) publishes scientific papers that concentrate on teaching and learning science in school environments from early childhood to higher education as well as workplaces and informal learning, related to science education. Therefore, the aim is ...