Journal of Education Technology and Inovation
Vol. 4 No. 2 (2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DAN KEMAMPUAN MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X SMK NURUL ISLAM

Sholwatus Sa’diah (Unknown)
Makmuri Makmuri (Unknown)
I Wayan Wesa Atmaja (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal yang ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiri dan kemampuan matematis terhadap hasil belajar matematika. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) adakah pengaruh model pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar matematika. Responden penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Nurul Islam Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020-2021 dengan jumlah 30 siswa, daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kausal. Alat pengumpul data menggunakan angket, tes serta metode bantu dokumentasi dan wawancara. Derajad valid dan reliabel alat dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji analisis instrumen menggunakan: 1) uji deskriptif, 2) uji normalitas, 3) uji homogenitas. Uji hipotesis dengan: 1) uji t dan 2) uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari variabel pengaruh model pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar matematika 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, berarti terdapat pengaruh model pembelajaran inquiri terhadap hasil belajar matematika, 2) nilai sig. dari variabel pengaruh kemampuan matematis terhadap hasil belajar matematika adalah 0.000, kesimpulan sig. > 0,05, ini berarti terdapat pengaruh kemampuan matematis terhadap hasil belajar matematika, 3) hasil output analisis regresi diperoleh Fhitung 31.654 dengan sig. 0,000, karena >0,05 maka terdapat pengaruh model pembelajaran inquiri dan kemampuan matematis terhadap hasil belajar matematika secara bersama-sama. Saran dan rekomendasi dari penelitian ini adalah model pembelajaran inquiri sangat baik jika diterapkan dalam pembelajaran matematika dan diperkuat dengan adanya tinjauan kemampuan matematis sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The Journal of Educational Technology and Innovation (JETI) publishes scientific papers that concentrate on teaching and learning science in school environments from early childhood to higher education as well as workplaces and informal learning, related to science education. Therefore, the aim is ...