Journal of Education Technology and Inovation
Vol. 4 No. 2 (2021)

PENGARUH PENGGUNAAN METODE LAUHUN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMORI DALAM MENGHAFAL AL - QUR‘AN SISWA KELAS XI MA MIFTAHUL ULUM SIDOMUKTI

Siti Raudatus Syarifah (Unknown)
I Wayan Wesa Atmaja (Unknown)
Abdul Muis (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kausal yang ingin mengetahui penggunaan metode lauhun pengaruhnya terhadap motivasi belajar dan kemampuan memori dalam menghafal Al – Qur’an siswa kelas XI MA Miftahul Ulum Sidomukti. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) adakah pengaruh penggunaan metode lauhun terhadap motivasi belajar?, 2) adakah pengaruh penggunaan metode lauhun terhadap kemampuan memori?, 3) adakah pengaruh penggunaan metode lauhun terhadap motivasi belajar dan kemampuan memori secara bersama – sama?. Tujuan : 1) menguji adakah pengaruh penggunaan metode lauhun terhadap motivasi belajar, 2) menguji adakah pengaruh penggunaan metode lauhun terhadap kemampuan memori. 3) adakah pengaruh penggunaan metode lauhun terhadap motivasi belajar dan kemampuan memori secara bersama – samaHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai sig. dari variable Metode Lauhun terhadap Motivasi Belajar 0.000, kesimpulan sig (2-tailed) >0,05 berarti terdapat pengaruh Metode Lauhun terhadap Motivasi Belajar. 2) nilai sig. dari variable Metode Lauhun terhadap Kemampuan Memori >0,05 kesimpulan sig 0,000. berarti terdapat pengaruh Metode Lauhun terhadap Kemampuan Memori. 3). Hasil output uji manova dari nilai sig 0,000. dari variable Metode Lauhun terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Memori. Diperoleh F- hitung 10.733 dengan sig. 0,000, karena >0,05 maka terdapat pengaruh Metode Lauhun terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Memori secara bersama – sama. Saran yang diajukan agar para guru menerapkan pembelajaran hafalan Al – Qur’an dengan menggunakan Metode Lauhun karena dapat meningkat Motivasi Belajar dan Kemampuan Memori.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The Journal of Educational Technology and Innovation (JETI) publishes scientific papers that concentrate on teaching and learning science in school environments from early childhood to higher education as well as workplaces and informal learning, related to science education. Therefore, the aim is ...