Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 8 No 4 (2024): Volume 8, Nomor 4 Tahun 2024

Implementasi Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Kartu untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran IPS Kelas VIII

Fildzah Aptanta Henanda Sari (Unknown)
Ali Imron (Unknown)
Soesanti Soesanti (Unknown)
Fani Kartikasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2024

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Surabaya adalah lemahnya pemahaman konsep peserta didik pada materi utama yang membahas mengenai istilah ilmiah di dalamnya. Hal ini berdampak pada pengetahuan peserta didik dan terhambatnya proses pencapaian ketuntasan klasikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pemahaman konsep peserta didik yang diiringi dengan hasil belajar melalui model pembelajaran discovery learning berbantuan lembar kerja kartu dapat mengalami peningkatan secara signifikan dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) dengan dua kali siklus berulang. Hasil penelitian menunjukkan implementasi discovery learning berbantuan lembar kerja kartu dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS pada materi utama kondisi geografis dan pelestarian sumber daya alam dengan rata-rata presentase enam indikator pemahaman konsep semula 53% (siklus I) menjadi 63% (siklus II). Peningkatan ini pula terjadi pada nilai rata-rata hasil belajar peserta didik, dimana pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 60.12 menjadi 70 pada siklus II. Kemudian, adanya peningkatan pada frekuensi jumlah peserta didik dengan nilai sangat tinggi (81-100) semula 6 orang pada siklus pertama menjadi 11 orang pada siklus kedua serta tidak ditemukannya peserta didik yang memiliki nilai dengan kategori rendah maupun sangat rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...