Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 8 No 4 (2024): Volume 8, Nomor 4 Tahun 2024

Struktur Teks Editorial dan Modalitas pada mediaindonesia.com

Muhammad Untung (Unknown)
Hendra Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Saat ini kebutuhan masyarakat pada informasi semakin meningkat. Manusia akan selalu membutuhkan informasi faktual dan aktual yang terjadi di setiap pelosok tanah air bahkan dunia. Pergerakan kehidupan sosial dapat menimbulkan pertanyaan dan persoalan faktual yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan faktual tersebut disajikan oleh media sebagai bentuk ulasan informasi seperti editorial yang berisi opini atau tanggapan redaktur terhadap suatu persoalan yang sedang aktual. Editorial merupakan rubik yang ada dalam surat kabar dan dapat ditemui dalam media massa daring seperti pada Mediaindonesia.com. Tujuan penelitian ni untuk mendeskripsikan struktur teks editorial dan modalitas bahasa Indonesia dalam Mediaindonesia.com edisi Desember 2021. Pendekatan yang digunakan yakni kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian editorial pada Mediaindonesia.com yakni “PPKM yang Sigap” yang diunggah pada 1 Desember 2021 serta objek penelitiannya struktur teks editorial menggunakan teori Kosasih & Hari Wibowo (2020) dan modalitas bahasa Indonesia menggunakan teori Chaer (2018). Teknik analisis data penelitian yang digunakan adalah teknik deskripsi. Hasil penelitian struktur teks editorial berupa pengenalan isu, argumentasi, dan penegasan ulang. Adapun hasil analisis modalitas bahasa Indonesia berupa intensional, epistemik, deontik, dan dinamik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...