Perkembangan globalisasi saat ini, semakin mendesak untuk mencetak sumber daya manusia yang mampu bersaing dalam kompetensi akademik dan kecakapan abad 21. Banyaknya generasi muda yang kurang mampu bersaing, kurang cakap, kurang berinovasi, dalam menghadapi perkembangan tekhnologi, disamping itu kasus radikalisme, pertentangan antar suku, dan deskriminasi semakin marajalela. Untuk mengatasi problametika tersebut, dibutuhkan penanaman pendidikan islam dan nilai-nilai lokal wisdom pada kepribadian generasi muda. Pendidikan islam dan lokal wisdom mutlak diperlukan untuk memberikan kontribusi dalam membentuk sumber daya manusia, integrasi nilai-nilai pendidikan islam dan lokal wisdom akan membentuk generasi masa depan yang unggul kompetensinya dan moderat perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pendidikan islam dan lokal wisdom dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul dan moderat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan metode penelitian lapangan (field research) dengan pengumpulan data berasal dari tempat penelitian. Tekhnik pengambilan data melalui wawancara, survey melalui pengisian kuesioner goegle form, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kontribusi pendidikan islam dan lokal wisdom dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul dan moderat memiliki perbedaan antara mahasiswa satu dengan lainnya, hal ini dipengaruhi oleh latarbelakang pendidikan, pengajaran, lingkungan sebelumnya serta pengaruh yang datang pada diri mahasiswa sendiri. Dari beragamnya latarbelakang pendidikan yang mempengaruhi kontribusi pendidikan islam dan lokal wisdom, ditarik kesimpulan bahwa rata-rata mahasiswa mampu dalam bersikap moderat namun sebagian mahasiswa belum memenuhi kriteria dikatakan sebagai sumber daya manusia unggul.
Copyrights © 2023