cover
Contact Name
Syarifah
Contact Email
jurnal_dialektika@iainpare.ac.id
Phone
+6281241171249
Journal Mail Official
jurnal_dialektika@iainpare.ac.id
Editorial Address
Jalan Amal Bhakti Soreang Fakultas Tarbiyah Kota Parepare
Location
Kota pare pare,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 29859336     DOI : 10.35905/dialektika.v3i2.12710
Jurnal Pendidikan Agama Islam atau DIALEKTIKA adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh IAIN Parepare Press dengan E-ISSN dan P-ISSN, terbit dua kali setahun yaitu Juni dan Desember. Fokus jurnal ini adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti pendidik ditinjau dari pendidikan Islam, peserta didik ditinjau dari pendidikan Islam, kurikulum pendidikan Islam, manajemen pendidikan Islam, metode pembelajaran ditinjau dari pendidikan Islam, media pembelajaran ditinjau dari pendidikan Islam, lembaga pendidikan Islam, sejarah pendidikan Islam, kajian tafsir tarbawi, dan kajian hadits tarbawi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
PERANAN METODE BERCERITA TERHADAP EFEKTIVITAS PENANAMAN NILAI KEAGAMAAN ANAK Hamdanah, Hamdanah; Baharan, Andi Khaerul
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2022): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v1i1.1974

Abstract

Setiap anak pasti mengalami berbagai tahapan pada perkembangan dalam hidupnya, dari beberapa macam perkembangan salah satunya adalah aspek perkembangan nilai agama dan moral. Modernisasi zaman, berdampak pada menurunnya kesadaran tentang pentingnya nilai keagamaan bagi anak. Sehingga, untuk menanamkan nilai keagamaan itu sendiri perlu dilakukan pembiasaan sejak dini. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pendidik mengimplementasikan peranan metode bercerita terhadap efektivitas penanaman nilai agama pada . Implementasi metode bercerita terhadap penanaman nilai keagamaan anak berdasar dari fakta yang ada di lapangan terkait dengan kondisi anak di masa ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif proses pelaksanaan metode bercerita dalam meningkatkan nilai-nilai agama pada anak, dan untuk mengetahui seberapa besar hasil peningkatan pengembangan nilai keagamaan anak. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian dengan tehnik triangulasi yakni pendekatan ke guru dan pengamatan di lapangan. Hasil penelitian ini, bahwa dalam upaya penerapan metode bercerita ini bisa menggunakan berbagai jenis media semacam boneka, ilustrasi gambar, atau media yang lain agar menarik minat anak tersendiri. Proses pelaksanaan metode bercerita dilakukan dalam kegiatan pembelajaran dan pembiasaan. Setelah dilakukan metode dan disertai upaya-upaya yang sesuai maka akan dapat dilakukan peninjauan lebih lanjut terkait seberapa besar presentase keberhasilan yang dicapai.
KREATIVITAS GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA Shaleh, Muhammad; Jamal, Muh. Junadri
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2022): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v1i1.1975

Abstract

Tugas dan peran guru dari hari ke hari semakin berat, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi. Guru sebagai komponen utama dalam dunia pendidikan dituntut untuk mampu mengimbangi bahkan melampaui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang dalam masyarakat. Melalui sentuhan guru di sekolah diharapkan mampu menghasilkan peserta didik yang memiliki kompetensi tinggi dan siap menghadapi tantangan hidup dengan penuh keyakinan dan percaya diri yang tinggi. Seorang guru harus kreatif dalam pembelajaran karena isi pendidikan umum menyumbang terhadap kehidupan yang kreatif. Kreativitas menunjukkan eksplorasi gagasan-gagasan dan kegiatan baru dan memberikan kepuasan serta dorongan untuk memperluas eksplorasinya. Dalam pembelajaran kreativitas seorang guru dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan yang dimiliknya mengembangkan bakat yang yang ada pada diri siswa serta dapat mempertahankan kompetensi yang ada pada dirinya.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PPL, Kepala Sekolah, Dosen Pembimbing, Guru Pamong. Dalam pembelaiaran metode yang digunakan setiap Guru Fikih berbeda-beda, para guru mempunyai penimbangan sendiri-sendiri dalam pemilihan metode, hal itu didasarkan pada alasan alasan yang hapir sama diantaranya yaitu keadaan siswa, materi pelajaran yang disampaikan, dan penguasaan terhadap metode yang digunakan.
PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA Efendy, Rustan; Irmwaddah, Irmwaddah
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2022): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v1i1.1976

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang dinilai efektif dalam membentuk karakter peserta didik, dalam spesifiknya adalah karakter religius. Dimana karakter religius ini memiliki pengaruh besar dalam kehidupan siswa baik dunia maupun di akhirat kelak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam pembentukan karakter, lebih spesifiknya adalah karakter religius yang berakar dari pembelajaran akidah.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA Bahtiar, Bahtiar; Rasni, Rasni
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2022): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v1i1.1977

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Negeri 196 Pinrang. Seorang pendidik harus mampu menciptakan metode dan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan hal ini bertujuan untuk mebangkitkan motivasi siswa dalam belajar dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Subyek penelitian yaitusiswa kelas IV SD Negeri 196 Pinrang. Metode yang digunakan untuk penitian ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Negeri 196 Pinrang sangat efektif. Hal ini terlihat dari nilai siswa yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) telah tercapai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat efektif.
PENGARUH KURANGNYA FASILITAS BELAJARTERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK Mas'ud, Mukhtar; Nirwana, Fadila
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2022): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v1i1.1978

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh kurangnya fasilitas belajar terhadap motivasi belajar peserta didik. Adapun Jenis penelitian ini dengan menggunakan metode yaitu studi kepustakaan dengan melihat dan membaca literatur-literatur yang berhubungan dengan Pengaruh Kurangya Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat pengaruh kurangnya fasilitas belajar terhadap motivasi belajar peserta didik.
Pemanfaatan Waktu Luang Peserta Didik Kelas IX Di Luar Jam Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan BTQ Nur Ina Fildzha Zahia; Wahyu Hidayat; Sudirman
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 2 (2024): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i2.2187

Abstract

Abstract: Everyone has time to spend doing activities that support their performance or time spent just to entertain and relax. This also applies to students, in addition to time to study at school, they also have free time at home. The results of field observations show that the ability reading and writing skills of the Qur'an some class IX students do not meet the KKM, therefore some improvements are needed in the learning process, one of which is the use of free time outside of school hours and students. Keyword: Free time, parents, students, and ability reading and writing skills of the Qur'an.
Telaah Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di Era Revolusi Industri 4.0 Nurhanisa Ridwan; Abd.Rahman K; A.Tien Asmara Palintan
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 2 (2024): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i2.2209

Abstract

Motivasi merupakan salah satu unsur yang terpenting dalam keberhasilan suatu proses pembelajaran. Namun, di era revolusi industri 4.0 ini motivasi peserta didik semakin menurun karena disebabkan oleh beberapa faktor. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menelaah faktor-faktor penyebab kurangnya motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di era industri 4.0. Metode penelitian yaitu menggunakan jenis penelitian lapangan berupa pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yakni dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu terdapat tiga faktor utama penyebab kurangnya motivasi peserta didik antara lain: 1) tidak adanya media pembelajaran, 2) kurangnya sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran, 3) penggunaan metode pembelajaran yang monoton.
Efektivitas Teknologi Informasi Sebagai Sarana Pendekatan Studi Islam Terhadap Masyarakat Nur Aqila R; Nur Rahmah
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2 No 2 (2024): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v2i2.2848

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tentang efektivitas teknologi informasi sebagai sarana pendekatan studi islam terhadap masyarakat. Adapun masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana penggunaan teknologi informasi dapat menjadi sarana pendekatan studi islam di kalangan masyarakat dan sejauh mana efektivitas penggunaan teknologi informasi dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan masyarakat terhadap studi islam. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas teknologi informasi sebagai sarana pendekatan studi Islam terhadap masyarakat. Studi ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk menggali data dan mengukur efektivitas teknologi informasi dalam pendekatan studi Islam. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawamcara, dan analisis konten. Adapun hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan teknologi informasi sangat berpengaruh sebagai salah satu sarana pendekatan studi Islam kepada Masyarakat.
PENGARUH SARANA PRASARANA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII 9 MTS NEGERI 1 ENREKANG Nengsi, Nisma
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 1 (2022): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v1i1.3445

Abstract

Berdasarkan tentang sarana dan prasarana berkaitan dengan alat-alat pembelajaran dimana alat-alat pembelajaran tersebut sangat mendukung berhasil tidaknya sekolah maupun guru dalam mengajar. Sarana dan prasarana bisa berupa meja,kursi, papan tulis, sumber belajar yang mendukung proses pembelajaran. Sarana dan prasarana merupakan hal yang sangat vital dan hal yang sangat penting dalam menunjang kelancaran dan kemudahan dalam proses belajar mengajar karena dalam kaitannya dengan pendidikan yang membutuhkan sarana dan prasarana dan juga pemanfaatannya baik oleh guru maupun oleh siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik maka perlu dimiliki suatu fasilitas yang dapat membantu mendorong siswa dalam mencapai prestasi yang maksimal.
Pentingnya Pendidik Untuk Memahami Karakteristik Peserta Didik Sebagai Acuan Dalam Melaksanakan Perencanaan Konsep Pembelajaran St. Hajar, St. Hajar; Nanning, Nanning
Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1 No 2 (2023): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35905/dialektika.v1i2.4333

Abstract

Abstrak: Karakteristik peserta didik merupakan salah satu yang menjadi bahan pertimbangan dan pijakan dalam perencanaan konsep pembelajaran. Konsep pembelajaran dalam hal ini adalah bentuk perencanaan terhadap proses pembelajaran yang akan dilaksanakan dan hasil yang diharapkan terjadi. Adapun karakteristik peserta didik berkaitan dengan beberapa aspek yaitu aspek fisiologis, aspek psikologi, dan aspek lingkungan. Dan setiap peserta didik memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda anatara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi pendidik untuk memahami karakteristik peserta didik, karena hal tersebut juga akan memberikan kemudahan dalam merumuskan perangkat pembelajaran, desain pembelajaran, dan strategi pengelolaan pembelajaran, sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang berjalan lancar, efektif, efisien, dan bermakna. Dan pada dasarnya pembelajaran yang dilaksanakan memang seharusnya disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik peserta didik. Penulisan artikel ini dilakukan dengan mengkaji beberapa sumber literature atau pustaka dan juga melalui pengamatan karakteristik peserta didik di MA DDI Lil Banat Parepare pada mata pelajaran akidah akhlak. Adapun tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pentingnya bagi seorang pendidik memahami karakteristik peserta didik dalam perencanaan konsep pembelajaran pada mata pelajaran akidah akhlak. Kata Kunci: Karakteristik, Peserta Didik, Konsep Pembelajaran

Page 1 of 4 | Total Record : 40