Tujuan penelitian ini lakukan diharapkan untuk mengetahui kapan, bagaimana dan mengapa menyontek atau anti mencontek di antara pada siswa. Diketahui faktor-faktor psikologis mendorong siswa mencontek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan berparadigma kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Provinsi Kep. Bangka Belitung. Kemudian beberapa sekolah di pilih disesuaikan dengan sebarannya selanjutnya dijadikan lokasi penelitian. Dalam menetapkan sekolah digunakan prosedur purposif. Data primer dan Data sekunder penelitian diperoleh melalui bahan-bahan pustaka yang relevan dengan penelitian ini seperti buku, artikel, disertasi, koran online, artikel online, jurnal online dan lain-lain. Kemudian teknik pengumpulan data yaitu pertama wawancara terstruktur. Kedua, teknik observasi partisipan Ketiga, menggunakan dokumentasi. Studi ini menggunakan pendekatan antropologi dengan menggunakan etnografi. Terakhir teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, displai dan verifikasi data mengunakan reflektifisme Archer. Arguemen peneliti adalah mencontek adalah reflektifisme siswa terhadap masalah yang dihadapinya, siswa tahu apa yang dikerjakannya dan tahu konsekuensi tindakannya.
Copyrights © 2024