Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 5 No. 6 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Oktober - November 2024)

Tindakan Mencontek atau Tidak Mencontek diantara Para Siswa: Berdasarkan Teori Reflektifitas Margaret Archer

Noblana Adib (IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik, Pangkalpinang, Indonesia)
Helen Sabera Adib (Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Palembang, Indonesia)
Adam Jait (Universitas Islam Sultan Sharif Ali, Bandar Sri Begawan, Brunai Darussalam)
Musmulyadi (IAIN Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini lakukan diharapkan untuk mengetahui kapan, bagaimana dan mengapa menyontek atau anti mencontek di antara pada siswa. Diketahui faktor-faktor psikologis mendorong siswa mencontek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan berparadigma kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Provinsi Kep. Bangka Belitung. Kemudian beberapa sekolah di pilih disesuaikan dengan sebarannya selanjutnya dijadikan lokasi penelitian. Dalam menetapkan sekolah digunakan prosedur purposif. Data primer dan Data sekunder penelitian diperoleh melalui bahan-bahan pustaka yang relevan dengan penelitian ini seperti buku, artikel, disertasi, koran online, artikel online, jurnal online dan lain-lain. Kemudian teknik pengumpulan data yaitu pertama wawancara terstruktur. Kedua, teknik observasi partisipan Ketiga, menggunakan dokumentasi. Studi ini menggunakan pendekatan antropologi dengan menggunakan etnografi. Terakhir teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, displai dan verifikasi data mengunakan reflektifisme Archer. Arguemen peneliti adalah mencontek adalah reflektifisme siswa terhadap masalah yang dihadapinya, siswa tahu apa yang dikerjakannya dan tahu konsekuensi tindakannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...