Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2024 - Januari 2025)

Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Pkn Menggunakan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas Siswa IV Sekolah Dasar

Maritasari, Donna Boedi (Unknown)
Buananingsih, Alvi (Unknown)
Lestarini, Yuniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui rancangan evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot pada pembelajaran Pkn sebagai perangkat pembelajaran. (2) untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot pada pembelajaran Pkn dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV sekolah dasar dengan jumlah 21 orang siswa. Tekhnik pengumpulan data mengunakan tes, lembar validasi, dan angket respon siswa. Hasil pengembangan ini berupa evaluasi pembelajaran Pkn menggunakan aplikasi kahoot. Evaluasi pembelajaran Pkn menggunakan aplikasi kahoot layak digunakan berdasarkan persentase dari ahli media yaitu 90% berada pada kategori “sangat layak”, kemudian persentase dari ahli materi yaitu 90% berada pada kategori “sangat layak”. Evaluasi pembelajaran Pkn menggunakan aplikasi kahoot dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari lembar angket respon siswa berada pada kategori “sangat baik” yaitu dengan persentase 83,46% pada uji coba terbatas dan dengan persentase 87,80% pada uji coba pemakaian dan hasil perhituanggan menggunakan N-Gain 0,70 berada pada kategori “tinggi”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...