Pengembangan potensi siswa merupakan upaya yang sangat penting dalam pendidikan, bahkan menjadi esensi dari usaha pendidikan, untuk mengembangkan potensi siswa perlu mengetahui dan memahami terlebih dahulu potensi apa saja yang melekat pada dirinya. Dengan tujuan Untuk mengetahui pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an dalam sarana pengembangan self-actulization siswa MTs An-Nur Palangka Raya. Metode yang di gunakan yaitu pendekatan kualitatif fenomologi dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dilanjutkan langkah pengabsahan dengan trianggulasi sumber serta tahap analisis yakni: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa program Tahfidz Al-Qur'an secara signifikan sangat meningkatkan self-actualization siswa yaitu dengan persentase 95% memperbaiki kepercayaan diri mereka. Siswa yang aktif berpartisipasi dalam program ini cenderung menunjukkan tingkat harga diri yang lebih tinggi dan lebih terlibat secara sosial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024