Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2024 - Januari 2025)

Tahfidz Qur'an dalam Sarana Pengembangan Self Actualization Siswa MTs An-Nur Palangka Raya

Devi, Maulina (Unknown)
Hamdanah (Unknown)
Lutfi, Saiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Pengembangan potensi siswa merupakan upaya yang sangat penting dalam pendidikan, bahkan menjadi esensi dari usaha pendidikan, untuk mengembangkan potensi siswa perlu mengetahui dan memahami terlebih dahulu potensi apa saja yang melekat pada dirinya. Dengan tujuan Untuk mengetahui pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an dalam sarana pengembangan self-actulization siswa MTs An-Nur Palangka Raya. Metode yang di gunakan yaitu pendekatan kualitatif fenomologi dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dilanjutkan langkah pengabsahan dengan trianggulasi sumber serta tahap analisis yakni: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa program Tahfidz Al-Qur'an secara signifikan sangat meningkatkan self-actualization siswa yaitu dengan persentase 95% memperbaiki kepercayaan diri mereka. Siswa yang aktif berpartisipasi dalam program ini cenderung menunjukkan tingkat harga diri yang lebih tinggi dan lebih terlibat secara sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...