Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2024 - Januari 2025)

Studi Reliabilitas dan Validitas Alat Ukur Self-Acceptance Scale (SAS) pada Remaja Penyandang Disabilitas Fisik (PDF) di Indonesia

Sagunda Nur F, Valentin (Unknown)
Luthfiyah, Sahla Ikhlasul (Unknown)
Ariyanti, Tita Aulia (Unknown)
Rasai Tumcala, Gabi Manuru (Unknown)
Suyasa, P. Tommy Y. S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Self-acceptance adalah kondisi saat individu bersedia mengakui dan menerima dengan baik kelebihan dan keterbatasan yang dimilikinya. Self-acceptance menjadi salah satu aspek psikologis yang penting bagi individu, khususnya bagi remaja yang berada dalam kondisi disabilitas fisik. Untuk mengidentifikasi self-acceptance dibutuhkan suatu alat ukur. Riset ini bertujuan untuk mendapatkan informasi psikometris alat ukur SAS-PDF (Self-Acceptance Scale pada Remaja Penyandang Disabilitas Fisik). Partisipan riset berjumlah 120, dengan 64 partisipan laki-laki dan 54 partisipan perempuan. Partisipan berusia rata-rata 12-21 tahun (SD = 2.293). Berdasarkan hasil riset, dapat dinyatakan bahwa SAS-PDF memiliki lima informasi psikometris: (a) content validity; (b) internal consistency reliability; (c) norma pengukuran SAS-PDF; (d) criterion validity terhadap rasa belas kasih kepada diri (self-compassion); dan (e) construct validity convergent evidence berdasarkan penghargaan terhadap kondisi tubuh (body appreciation); dan construct validity discriminant evidence berdasarkan ketekunan (grit). Kelima informasi psikometris dapat menjadi dasar SAS-PDF layak digunakan untuk membantu para psikolog dan praktisi tunadaksa dalam melakukan asesmen dan dasar untuk melakukan program peningkatan penerimaan diri remaja yang mengalami disabilitas fisik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...