Journal of Primary Education Research
Vol. 1 No. 01 (2023): Journal of Primary Education Research

Peran Orang Tua Dalam Membimbing Kemampuan Membaca Siswa Slow Learner Kelas IV SD NU Pemanahan

Wahyu Hidayah Supandi (Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta)
Hidar Amaruddin (Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam membimbing kemampuan membaca siswa slow learner kelas 4 SD NU Pemanahan. Metode penelitian yang di pakai adalah kualitatif studi kasus, penelitian dilakukan di SD NU Pemanahan, informan dalam penelitian ini terdiri dari lima siswa di kelas IV dan lima wali siswa, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, tehnik pengumpulan. Data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan Miles and Huberman melalui Langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan terakhir penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua mengalami kesulitan dalam membimbing kemampuan membaca dan menangani anak yang mengalami lamban belajar, serta orang tua sudah menfasilitasi belajar anak dengan cara dikursuskan supaya lancar membaca dan didampingi saat belajar membaca, selain itu orang tua berupaya memberikan dorongan untuk belajar membaca supaya memperoleh hasil atau tujuan yang diinginkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primer

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar berfokus pada pengembangan keilmuan, inovasi, serta praktik terbaik di bidang pendidikan dasar yang mencakup berbagai aspek, seperti kurikulum, metode pengajaran, manajemen pendidikan, dan perkembangan kognitif, emosional, serta sosial siswa di tingkat sekolah dasar atau ...