PRIMER: Journal of Primary Education Research
Vol. 2 No. 1 (2024): Journal of Primary Education Research

Strategi Kepala Sekolah Dalam Menguatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa (Studi Kasus di MI Ma’arif Bego)

Ana, Fajriana Mufida (Unknown)
SUTIYONO, Sutiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi karena permasalahan lingkungan hidup di yang akibatkan oleh perilaku manusia yang merusak, maka Kementerian Lingkungan Hidup muncul sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan terutama di dunia pendidikan yakni melalui program Adiwiyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan kepala sekolah sebagai upaya menguatkan karakter peduli lingkungan pada siswa di MI Ma’arif Bego. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek Penelitian terdiri dari tiga pihak yaitu Kepala Sekolah MI Ma’arif Bego, Koordinator pelaksana program Adiwiyata di MI Ma’arif Bego, dan guru di MI Ma’arif Bego. Teknik analisis data melalui pengumpumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa sikap kepedulian siswa pada lingkungan hidup di MI Ma’arif Bego dapat dibuktikan melalui program Adiwiyata yang telah dilaksanakan baik harian, bulanan, dan tahunan. Sedangkan untuk faktor penghambat diantaranya beberapa siswa yang masih mengabaikan peraturan menjaga lingkungan. Serta beberapa orang tua wali yang kurang mendukung program sekolah dan pengaruh dari lembaga lain yang masih dalam satu lingkungan dengan MI Ma’arif Bego

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

primer

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

RIMER: Journal of Primary Education Research focuses on the development of science, innovation, and best practices in the field of basic education covering various aspects, such as curriculum, teaching methods, educational management, and cognitive, emotional, and social development of students at ...