Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Analisis Unsur-unsur Intrinsik Cerpen Pada mahasiswa Semester IV STKIP Muhammadiyah Bogor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Maret 2017. Adapun penelitian ini dilaksanakan di STKIP Muhammadiyah Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester IV STKIP Muhammadiyah Bogor, yang berjumlah 110 mahasiswa dan sampel yang diambil berjumlah 80 mahasiswa, Kelas eksperimen 40 mahasiswa dan kelas kontrol 40 mahasiswa, yang diambil dengan teknik simply random sampling (sampel acak sederhana). Instrument untuk mengumpulkan data adalah RPS, tes analisis unsur-unsur intrinsik cerpen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data eksperimen dengan perhitungan uji-t. Berdasarkan hasil tes, diperoleh thitung sebesar 9,34, sedangkan ttabel dengan jumlah sampel 80 pada taraf signifikasi 5% sebesar 1,990. Jika dibandingkan, maka thitung>ttabel, Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Analisis Unsur-unsur Intrinsik Cerpen Pada mahasiswa Semester IV STKIP Muhammadiyah Bogor
Copyrights © 2022