cover
Contact Name
Nina
Contact Email
umbogorraya@gmail.com
Phone
+6285782230332
Journal Mail Official
umbogorraya@gmail.com
Editorial Address
Gedung Universitas Muhammadiyah Bogor Raya
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Lingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurnal Lingua (P-ISSN 2302-402X) menerbitkan artikel hasil penelitian dan artikel konseptual tentang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Lingkup topik meliputi: 1) Bahasa Indonesia untuk orang asing, bahasa Indonesia, pengajaran bahasa Indonesia; (2) Linguistik; (3) Linguistik Terapan, dan; (4) Pengajaran Sastra.
Articles 45 Documents
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN WACANA SISWA Yulia Adiningsih; Irma Yanti
Jurnal Lingua Vol. 3 No. 1 (2022): LINGUA JOURNAL
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Perbedaan hasil belajar membaca pemahaman wacana siswa yang mengikuti metode pembelajaran scramble dan metode pembelajaran konvensional Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian didapati kesimpulan: (1) hasil belajar yang belajar dengan metode pembelajaran scramble akan meningkat bila siswa belajar dengan metode pembelajaran scramble. Artinya semakin baik penerapan metode pembelajaran scramble, maka akan semakin baik pula hasil belajar membaca pemahaman wacana yang dihasilkan. Hal ini didasari pada hasil pengujian hipotesis pertama, diperoleh nilai uji-F = 12,623 dan P- value = 0,001. Karena P-value = 0,001 lebih kecil dari ? = 0,05 menunjukkan perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran scramble dengan metode pembelajaran konvensional. (2) Hasil pengujian hipotesis kedua perbedaan hasil belajar membaca pemahaman wacana antara kelompok siswa minat tinggi dengan kelompok siswa minat rendah, diperoleh nilai uji-F = 8,272 dan P- value = 0,008. Karena P-value = 0,008 lebih kecil dari ? = 0,05 menunjukkan perbedaan pengaruh yang signifikan antara minat tinggi dengan minat rendah. (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan minat baca terhadap hasil belajar membaca pemahaman wacana siswa karena hasil pengujian hipotesis ketiga, diperoleh nilai uji-f = 0,156 dan p[1]value = 0,696. Karena p- value = 0,696 lebih besar dari ? = 0,05. Hal ini menunju
HUBUNGAN PENGUASAAN EJAAN DAN PENGUASAAN KAIDAH MORFOFONEMIK DENGAN NILAI MATA KULIAH ANALISIS KESALAHAN BAHASA Yusuf Haryanto; Triyanto
Jurnal Lingua Vol. 3 No. 1 (2022): LINGUA JOURNAL
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penguasaan ejaan dan penguasaan kaidah morfofonemik dengan nilai mata kuliah Analisis Kesalahan Bahasa mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Muhammadiyah Bogor secara bersama-sama atau terpisah. Penelitian ini dilaksanakan di semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Muhammadiyah Bogor. Pelaksanaan penelitian diperkirakan selama dua bulan yaitu Agustus s.d. September 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasional. Hasil penelitian ini medapatkan data dan simpulan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan variabel Penguasaan Ejaan dan Kaidah morfofonemik dengan variabel Nilai Mata Kuliah Analisis Kesalahan Bahasa baik secara parsial maupun secara bersama-sama Hal ini didasarkan pada perhitungan persamaan regresi ganda dan parsial menunjukkan Hubungan ini sangat signifikan karena keduanya mempunyai angka nilai sig. =0.000 < 0.01 (bukan hanya kurang dari 0.05). Berdasarkan persamaan regresi ganda tersebut dapat diuraikan bahwa setiap kenaikan satu unit Penguasaan Ejaan dan sekaligus dengan kenaikan satu unit Kaidah morfofonemik akan diikuti dengan kenaikan Nilai Mata Kuliah Analisis Kesalahan Bahasa 0.896 ( = 0.405 + 0.491) unit. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa telah terbukti ada hubungan langsung variable Penguasaan Ejaan dengan Nilai Mata Kuliah Analisis Kesalahan Bahasa. Hal yang sama untuk variable Kaidah morfofonemik. Selanjutnya secara bersama sama variable Penguasaan Ejaan dan variabel Kaidah morfofonemik menentukan variabel Nilai Mata Kuliah Analisis Kesalahan Bahasa sebesar sebesar 97.4 persen (R Square = 0.974). Berdasarkan nilai to menunjukkan bahwa secara berurutan dari besaran koefisien regresi (B) maupun tingkat signifikansinya (to) menunjukkan pertama adalah Kaidah morfofonemik, kedua Penguasaan Ejaan.
HUBUNGAN PENGUASAAN BAHASA BAKU DAN PENGUASAAN DIKSI DENGAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS Sukardi Muhamad; Hernita Fauziah
Jurnal Lingua Vol. 3 No. 1 (2022): LINGUA JOURNAL
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penguasaan bahasa baku dan penguasaan diksi dengan keterampilan menulis surat dinas siswa secara bersama-sama atau pun secara sendiri-sendiri di kelas XI SMK Pertiwi Bogor Dari analisis hasil analisis data diketahui bahwa adanya hubungan penguasaan bahasa baku dan Diksi secara bersama sama dengan menulis surat dinas. Hal ini ditunjukkan secara signifikan dengan masing masing nilai nilai sig nya kurang dari 0.05 bahkan kurang dari 0.01 (Penguasaan Bahasa baku to = 3.6400 dan sig. = 0.001 < 0.05. Diksi to = 5.328dan sig. = .000 < 0.05. Penguasaan Bahasa baku dan Diksi secara bersama sama dengan menulis surat dinas dapat diterima. Hubungan ini sangat signifikan karena keduanya mempunyai angka nilai sig. =0.000 < 0.01 (bukan hanya kurang dari 0.05). Lebih lanjut berdasarkan persamaan regresi ganda tersebut dapat diuraikan bahwa setiap kenaikan satu unit Penguasaan Bahasa baku dan sekaligus dengan kenaikan satu unit Diksi akan diikuti dengan kenaikan menulis surat dinas 3.204 ( = 1.463 + 1.741) unit. Adanya hubungan penguasaan bahasa baku dengan keterampilan menulis surat dinas dapat diterima. Hubungan ini sangat signifikan karena nilai sig. = 0.000 < 0.01 (bukan hanya kurang dari 0.05). Lebih lanjut berdasarkan persamaan regresia ganda tersebut dapat diuraikan bahwa setiap kenaikan satu unit penguasaan bahasa baku akan diikuti dengan kenaikan keterampilan menulis surat dinas sebesar 1.463 unit, ceteris paribus atau variabel Diksi tidak berubah. Ada hubungan Diksi dengan keterampilan menulis surat dinas dapat diterima. Hubungan ini sangat signifikan karena nilai sig. = 0.000 < 0.01 (bukan hanya kurang dari 0.05). Lebih lanjut berdasarkan persamaan regresia ganda tersebut dapat diuraikan bahwa setiap kenaikan satu unit Diksi akan diikuti dengan kenaikan keterampilan menulis surat dinas sebesar 1.741 unit, ceteris paribus atau variabel Penguasaan Bahasa baku tidak berubah
PENGARUH PEMAHAMAN TANDA BACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI KELAS VIII SMP PGRI CIMANGGIS Rina Nuryani; Eneng Aidatul Cahyani
Jurnal Lingua Vol. 3 No. 1 (2022): LINGUA JOURNAL
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman tanda baca terhadap kemampuan menulis karangan narasi.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Dalam penelitian ini, dua variabel tersebut adalah pemahaman tanda baca dan kemampuan menulis karangan narasi. Teknik sampling pada penelitian ini adalah sampling acak. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan teknik analisis data, regresi sederhana. Setelah penulis menganalisis, pemahaman tanda baca peserta didik SMP PGRI Cimanggis Kota Depok sanagat berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan pada bab sebelumnya, maka kesimpulan bahwa : F hitung< Ftabel atau 1,14 < 4,2 sehingga terima Ho atau tolak H1 artinya tidak terdapat pengaruh antara pemahaman tanda baca dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VIII SMP PGRI Cimanggis Depok.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR ICT DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS BERITA Sofiatin; Muhamad Syihabudin
Jurnal Lingua Vol. 3 No. 1 (2022): LINGUA JOURNAL
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan media belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar menulis berita di SMA Muhammadiyah Puraseda Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021 Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik “Analisis Faktor” dengan “ Anova dua jalur”, dibantu dengan program SPSS versi 15.0. Setelah penulis menganalisis variabel penelitian pengaruh penggunaan media belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar menulis berita pada Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Puraseda Bogor Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat disimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh media belajar terhadap hasil belajar menulis berita yang ditandai dengan Fhitung = 11,688 > Ftabel 4,08 pada taraf signifikansi a = 5% dengan persamaan regresi Y= 70,00 + 9,00 X1 Terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar menulis berita yang ditandai dengan Fhitung = 4,208 > Ftabel = 4,08 pada taraf signifikansi a = 5% dengan Y= 70,00 + 5,00 X2. Tidak terdapat interaksi antara hasil belajar menulis berita siswa dengan minat belajar siswa yang ditandai dengan perolehan Fhitung = 0,117 < Ftabel = 4,08 pada taraf signifikansi a = 5%.
HUBUNGAN ANTARA INTELIGENSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR WACANA TULIS BAHASA INDONESIA SMK NEGERI 1 BOGOR Triyanto; Musaljon; Nina
Jurnal Lingua Vol. 3 No. 1 (2022): LINGUA JOURNAL
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara inteligensi dengan hasil belajar wacana tulis bahasa Indonesia dan hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar wacana tulis bahasa indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel berukuran 60 siswa yang dipilih dengan teknik gabungan antara acak dan proporsional yaitu dari tujuh kelas XII yang ada di SMK Negeri 1 Bogor. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner yaitu dengan skala likert dan menggunakan teks wacana tulis dalam bentuk soal pilihan ganda. Analisis data dengan metode statistik deskriptif yakni dengan teknik penyajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi, grafik poligon dan histogram untuk masing-masing variabel penelitian. Selain itu, masing-masing kelompok data diolah dan dianalisis ukuran pemusatan dan letak seperti mean, modus, dan median serta ukuran simpangan seperti jangkauan, variansi, simpangan baku, kemencengan dan kurtosis. Uji statistik yang dilakukan adalah pengujian normalitas data dan pengujian linieritas, yang secara keseluruhan dibantu oleh program komputer Microsoft Excel. Penelitian ini dilaksanakan pada . Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Maret sampai dengan 29 Mei 2016 (mulai dari pengajuan proposal sampai dengan pengolahan data) Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, hubungan antara Inteligensi dengan hasil belajar wacana tulis bahasa Indonesia diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,704 dan koefisien determinasi sebesar 49,56%, serta persamaan garis regresi ????? = -36.49 + 0,9528 X1. Kedua, hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar wacana tulis bahasa Indonesia diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,71 dan koefisien determinasi sebesar 50,50%, seta persamaan garis regresi ????? = -5.51 + 0,54 X2. Ketiga, hubungan antara inteligensi dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar wacana tulis bahasa Indonesia diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,82 dan koefisien determinasi sebesar 67,50%, seta persamaan garis regresi ????? = -64,2 + 0,61 X1 + 0,5 X2..
PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK SQ3R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN Yulia Adiningsih; Khairinisa; Irma Yanti
Jurnal Lingua Vol. 3 No. 2 (2022): LINGUA JOURNAL
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan membaca pemahaman yang baik merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa. Semakin banyak membaca maka akan semakin banyak pula informasi atau ilmu yang diperoleh. Namun, tidak sedikit mahasiswa yang masih merasa kesulitan dalam memahami makna tulisan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama ketika membaca buku. Hal tersebut disebabkan oleh kekurangtepatan pemilihan teknik yang digunakan ketika membaca. Berdasarkan pemikiran tersebut peneliti melakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan teknik membaca SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman mahasiswa semester 1 tahun akademik 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi, maka desain yang digunakan adalah metode eksperimen dengan tipe pretest, posttest control group design, yaitu pemberian pretes dan postes pada kelas eksperimen dan kontrol serta pemberian perlakuan pada kelas eksperimen. Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 76 orang yang terbagi dalam dua kelas yaitu 1a dijadikan kelas eksperimen dan 1b dijadikan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bukti bahwa penggunaan teknik membaca SQ3R efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan yang dilakukan secara komputerisasi dengan bantuan program Microsoft Excel 2013. Hasil uji-t dari keterampilan membaca pemahaman adalah 0,642 > taraf signifikan 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak (Ha diterima)
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP NILAI FONOLOGI MAHASISWA DITINJAU DARI SIKAP MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN FONOLOGI BAHASA INDONESIA Nina; Sukardi Muhamad
Jurnal Lingua Vol. 3 No. 2 (2022): LINGUA JOURNAL
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh nilai mata kuliah Fonologi antara mahasiswa yang diajar melalui metode problem solving dengan mahasiswa yang diajar melalui metode konvensional, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh interaksi antara strategi mengajar dengan sikap mahasiswa terhadap nilai mata kuliah, untuk mengetahui apakah kelompok mahasiswa yang memiliki sikap positif yang diajar melalui metode problem solving mempunyai nilai mata kuliah lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang diajar melalui konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain 2x2 faktorial. Variabel respon adalah nilai mata kuliah Fonologi mahasiswa. Sedangkan faktor perlakuan adalah metode mengajar. Setelah penulis menganalisis dapat disimpulkan bahwa nilai mata kuliah mahasiswa yang diajar dengan menggunakan metode problem solving serta memiliki sikap positif lebih tinggi dari pada mahasiswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional serta memiliki sikap positif pada nilai mata kuliah Fonologi. Dari pengujian diperoleh ? 2 hitung = 1,94 dan ?2 0,95(3) atau ?2 tabel = 7,81; thitung = 1,21 dan ttabel = 0,684 sehingga pada taraf signifikan ? = 0,75 dengan df = 25sedangkan pengujian homogenitas terhadap mahasiswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional serta memiliki sikap positif pada nilai mata kuliah Fonologi diperoleh ? 2 hitung = 0,994 dan ?2 0,95(3) atau ?2 tabel = 7,81. Pada hipotesis 2 diperoleh thitung = 0,47 dan ttabel = 0,294 sehingga pada taraf signifikan ? = 0,05 dengan df = 13. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dengan kata lain nilai mata kuliah Fonologi mahasiswa yang diajar dengan metode perkuliahan problem solving lebih baik secara signifikan dari pada yang diajar dengan metode perkuliahan konvensional.
PENGARUH PERSEPSI ATAS METODE PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGARANG NARASI SISWA SMK PUTRA BANGSA Musaljon; Eneng Aidatul Cahyani
Jurnal Lingua Vol. 3 No. 2 (2022): LINGUA JOURNAL
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh persepsi atas metode pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan mengarang narasi siswa. Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan mengarang narasi siswa, mengetahui pengaruh persepsi atas metode pembelajaran kontekstual dan media pembelajaran terhadap kemampuan mengarang narasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Sampel berukuran 80 orang siswa yang dipilih secara random dari kelas IX pada program akuntansi dan pemasaran di Sekolah Menengah Kejuruan Lembaga Pendidikan Putra Bangsa Depok. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik pengamatan langsung dan dengan penyebaran angket. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, koefisien regresi berganda dan uji F. Uji statistik dipergunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan pengaruh persepsi atas metode pembelajaran kontekstual terhadap Kemampuan mengarang narasi siswa melalui nilai t hitung untuk persepsi atas metode pembelajaran kontekstual (X1) sebesar 4,525 sedangkan t tabel adalah sebesar 1,900, jadi nilai t hitung lebih besar dari t tabel atau 4,525 > 1,900, pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan mengarang narasi siswa melalui nilai t hitung untuk media pembelajaran(X2) sebesar 6,916 sedangkan t tabel adalah sebesar 1,900, dan pengaruh persepsi atas metode pembelajaran kontekstual dan media pembelajaran terhadap kemampuan mengarang narasi siswa melalui nilai R2 = 0,602 dengan nilai uji F = 58,355.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN Rina Nuryani; Fitri Sopiah
Jurnal Lingua Vol. 3 No. 2 (2022): LINGUA JOURNAL
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Analisis Unsur-unsur Intrinsik Cerpen Pada mahasiswa Semester IV STKIP Muhammadiyah Bogor. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Maret 2017. Adapun penelitian ini dilaksanakan di STKIP Muhammadiyah Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester IV STKIP Muhammadiyah Bogor, yang berjumlah 110 mahasiswa dan sampel yang diambil berjumlah 80 mahasiswa, Kelas eksperimen 40 mahasiswa dan kelas kontrol 40 mahasiswa, yang diambil dengan teknik simply random sampling (sampel acak sederhana). Instrument untuk mengumpulkan data adalah RPS, tes analisis unsur-unsur intrinsik cerpen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data eksperimen dengan perhitungan uji-t. Berdasarkan hasil tes, diperoleh thitung sebesar 9,34, sedangkan ttabel dengan jumlah sampel 80 pada taraf signifikasi 5% sebesar 1,990. Jika dibandingkan, maka thitung>ttabel, Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Analisis Unsur-unsur Intrinsik Cerpen Pada mahasiswa Semester IV STKIP Muhammadiyah Bogor