Lingua: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol. 5 No. 1 (2024): LUNGIA JOURNAL

PEMANFAATAN LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Yusuf Haryanto (Unknown)
Suriyani (Unknown)
Eli Yuliarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran melalui loose parts yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah V Leuwiliang. Subjek penelitian ini berjumlah 10 anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc.Taggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak telah mencapai 80% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun melalui pembelajaran loose parts, dapat dibuktikan ketuntasan mengenal konsep bilangan pada kondisi awal sebesar 20%. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 60% namun belum mencapai kriteria baik. Sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus ini ketuntasanya mencapai 80% dengan kriteria sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Lingua

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Lingua (P-ISSN 2302-402X) menerbitkan artikel hasil penelitian dan artikel konseptual tentang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Lingkup topik meliputi: 1) Bahasa Indonesia untuk orang asing, bahasa Indonesia, pengajaran ...