Jurnal ATSAR UNISA Kuningan
Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal ATSAR UNISA Kuningan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN 2 CILIMUS

Putri Pradani, Adhistami (Unknown)
Lasya Anugrah, Elika (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

IPS, dimana siswa cenderung terkesan pasif karena hanya sedikit guru yang berhasil melaksanakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara fisik, mental, dan sosial sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara tujuan pembelajaran yang diharapkan dan implementasinya di dalam kelas. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memahami bagaimana penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Tujuan ini akan dicapai melalui identifikasi dan analisis terhadap proses penerapan model pembelajaran snowball throwing serta evaluasi terhadap perubahan minat belajar siswa setelah menerapkan model tersebut di kelas V SDN 2 Cilimus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan observasi. Tanggapan positif siswa terhadap penerapan model pembelajaran snowball throwing menunjukkan peningkatan minat belajar mereka dalam pembelajaran IPS kelas V di SDN 2 Cilimus. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa model pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

atsar

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science

Description

The Journal Atsar is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social, technology and scientific fields. The journal is published bimonthly once by UNISA. The Journal Atsar provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of ...