Jurnal ATSAR UNISA Kuningan
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal ATSAR UNISA Kuningan

Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dengan Penggunaan Torso untuk Meningkatkan Hasil Belabor Biologi SMA Konsep Sistem Gerak

Irma Kusumastuti (Universitas Islam Al-Ihya Kuningan)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tau tidak adana peningkatan hasil belajar Biologi SMA pada konsep Sistem Gerek dengan penerapan model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dengan penggunaan Torso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen dengan desain prates-pascates satu kelompok (One Group Pretest-Posttest Design). Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah soap tes hasil belajar Biologi konsep Sistem Gerek berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 sola. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalar uji z. Berdasarkan perhitungan uji z diperoleh nilai zhitung = 0.50, Sedangkan -ztabel = -2.33. Maka diperoleh hasil bahna zhitung > -ztabel pada taraf signifikansi 1%. Berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis yang menyebutkan bahwa model pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dengan penggunaan torso data meningkatkan hasil belajar siswa pada konep sistem gerak dapat diterima dan pelajaran dapat dipahami dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

atsar

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science

Description

The Journal Atsar is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social, technology and scientific fields. The journal is published bimonthly once by UNISA. The Journal Atsar provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of ...