Jurnal ATSAR UNISA Kuningan
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal ATSAR UNISA Kuningan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PAI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta didik di SMK Cibening Cibingbin)

Fauziah, Sylva (Unknown)
Rohidin (Unknown)
Sulaeman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) PAI terhadap kecerdasan emosional peserta didik di SMK Cibening, (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Cibening, (3) untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) PAI terhadap kecerdasaan emosional dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda untuk hasil belajar dan angket kecerdasan emosional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 90 peserta didik. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) PAI terhadap kecerdasan emosional pada peserta didik di SMK Cibening, hal tersebut dapat ditunjukan dengan perhitungan ANAKOVA dua jalur, maka H0 ditolak dan H1 diterima, (2) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) PAI terhadap hasil belajar pada peserta didik di SMK Cibening, (3) Terdapat ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) PAI terhadap kecerdasaan emosional dan hasil belajar peserta didik di SMK Cibening.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

atsar

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science

Description

The Journal Atsar is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social, technology and scientific fields. The journal is published bimonthly once by UNISA. The Journal Atsar provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of ...