Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 10 (2024): Desember 2024

PERAN PENGAWAS SEBAGAI PENDAMPING DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI UPT SPF SD NEGERI GADDONG II MAKASSAR

Melati Kasih Sukma (Unknown)
Muh Ardiansyah (Unknown)
Sitti Habibah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pengawas sebagai pendamping dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di UPT SPF SD Negeri Gaddong II Makassar, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara analisis data dilakukan dengan menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawas berperan penting dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan program pendidikan. Dalam perencanaan, pengawas menerapkan strategi refleksi, kolaborasi, dan adaptasi terhadap perubahan kebijakan, serta fokus pada pengembangan kompetensi guru. Pada tahap pelaksanaan, pengawas memberikan arahan, dukungan, dan evaluasi untuk memastikan kualitas pendidikan. Proses pelaporan pendampingan melibatkan penilaian dan analisis hasil yang dilaporkan kepada kepala Dinas Pendidikan. Faktor pendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka meliputi keterlibatan aktif pihak terkait, dukungan pemerintah, dan penggunaan teknologi. Sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan pemahaman teknologi, infrastruktur yang belum memadai, dan keterbatasan sumber daya. Kesimpulannya, peran pengawas sebagai pendamping sangat penting dalam mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka, meskipun terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...