Provinsi Jawa Tengah mewajibkan adanya mata pelajaran bahasa Jawa sebagai muatan lokal wajib mulai jenjang MI/SD. Dalam mata pelajaran bahasa jawa ini memuat materi aksara jawa yang dianggap sulit dan rumit bagi siswa. Dalam hal tersebut guru harus menerapkan metode dan strategi yang tepat untuk memudahkan siswa dalam memahami dan menghafal aksara jawa . Tujuan dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui pembelajaran aksara jawa dengan menggunakan metode ITIK (Ilmu Titen Kooperatif) dalam meningkatkan daya ingat siswa. Dalam penelitian ini menggunakan Metode penelitian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data atau teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi lapangan. Hasil yang diperoleh yaitu dengan menggunakan metode ITIK siswa lebih mudah menghafal dan bisa memberi tanda setiap aksara berdasarkan cirinya dengan mudah. Selain itu, siswa dapat mengingat dengan cepat materi yang diberikan oleh guru dengan metode ITIK. Manfaat penelitian ini ditulis untuk memberi wawasan baru kepada pembaca mengenai penggunaan metode ITIK dalam menghafal dan memahami materi aksara jawa di MI/SD
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023