CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 8, No 1 (2024)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA

Rosdalina, Rosdalina (Unknown)
Rahmi, Ayu (Unknown)
Fitriani, Henni (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode desain quasi eksperimen, menggunakan desain single group interupted time-series design. Dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 di MAN Kota Lhokseumawe, populasi penelitian berjumlah 140 siswa kelas XII MIA. Sampel sebanyak 23 siswa terpilih sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran RADEC, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar kognitif, dengan instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda yang telah divalidasi oleh ahli dan diuji secara empiris. Teknik analisis data meliputi uji normalitas dengan uji Shapiro-Wilk, uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon, dan perhitungan nilai N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran RADEC efektif meningkatkan hasil belajar siswa secara kognitif siswa MAN Kota Lhokseumawe pada materi reaksi redoks.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...