CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 8, No 1 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Nurfajriani Nurfajriani (Universitas Negeri Medan)
Theo Jan Fery Haloho (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran PDEODE lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) dan kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model PDEODE sebesar (81,25 ± 6,22) lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional yaitu (76,56 ± 6,89). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji t tangan kanan dan α = 0,05 diperoleh thitung ttabel (2,86 1,670) terhadap hasil belajar siswa sehingga dalam penelitian ini hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂) diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...