Jurnal Imajinasi
Vol 8, No 2 (2024): Juli-Desember

PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESA WISATA SANANKERTO KABUPATEN MALANG

Irwandi, Wahyu Triputra (Unknown)
Masnuna, Masnuna (Unknown)
Romadhona, Mahimma (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Identitas visual Desa Wisata Sanankerto yang telah dirancang masih kurang maksimal sehingga menjadi salah satu faktor yang berdampak akan rendahnya kesadaran masyarakat sekitar terhadap keberadaan dan potensi dari destinasi desa wisata ini. Perancangan desain logo pada Desa Wisata Sanankerto Kabupaten Malang bertujuan untuk menciptakan identitas visual yang baik sebagai upaya untuk meningkatan brand awareness masyarakat terhadap desa wisata ini. Pada penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Metode Research and Development adalah metode dengan langkah: 1. Penelitian dan Pengumpulan Data (Research & Information Collecting),  2.Perencanaan Penelitian (Planning), 3.Pengembangan Desain (Develop Preliminary of Product), 4.Uji Coba Lapangan Awal (Preliminary Field Testing), dan selanjutnya Merivisi Hasil Uji Coba (Main Product Revision). Dalam melakukan pendekatan tersebut menghasilkan sebuah konsep desain dengan sebuah desain logo yang memiliki arti bahwa Desa Wisata Sanankerto memiliki potensi wisata yang berharga mulai dari potensi alam nan indah hingga kebudayaan yang menakjubkan. Logo yang dirancang digunakan sebagai media komunikasi potensi wisata yang dimiliki oleh destinasi wisata ini agar lebih dikenal oleh masyarakat. The visual identity Sanankerto Tourism Village that has been designed is still not optimal so that it becomes one of the factors that has an impact on the low awareness of the surrounding community about the existence and potential of this tourist village destination. The design of the logo design for the Sanankerto Tourism Village, Malang Regency aims to create a good visual identity as an effort to increase community brand awareness of this tourist village. In this study using the Research and Development method. The Research and Development method is a method with steps: 1. Research and Data Collection (Research & Information Collecting), 2. Research Planning (Planning), 3. Design Development (Develop Preliminary of Product), 4. Preliminary Field Trials (Preliminary Field) Testing), and then Revise the Test Results (Main Product Revision). In carrying out this approach, it produces a design concept with a logo design which means that the Sanankerto Tourism Village has valuable tourism potential ranging from beautiful natural potential to amazing culture. The designed logo is used as a communication medium for tourism potential owned by this tourist destination so that it is better known by the public.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

imajinasi

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Imajinasi FSD UNM diterbitkan oleh Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Artikel dikelola dengan proses Double Blind Peer Review dengan akses terbuka atau dapat didowload secara fullpaper. Jurnal Imajinasi menerbitkan artikel pada bidang Seni, Pendidikan Seni dan Desain, ...