Journal of Educational Science and E-Learning
Vol. 1 No. 2 (2024): Desember

Peningkatan Keaktifan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Media Plickers Bagi Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar

Safitri, Tutut (Unknown)
Bahtiar, Reza Syehma (Unknown)
Sudjarwo, Sudjarwo (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Peneliti melakukan observasi awal terhadap kondisi pembelajaran matematika di kelas 6 SDN Gunungsari III/531 Surabaya. Hasil observasi menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas 6 Sekolah Dasar Negeri Gunungsari III/531 Surabaya pada mata pelajaran matematika melalui penerapan media pembelajaran Plickers. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Plickers berhasil meningkatkan keaktifan belajar siswa sebesar 86,3%. Hal ini terlihat dari peningkatan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, meningkatnya antusiasme siswa dalam menjawab pertanyaan, dan meningkatnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Selain itu, siswa juga merasa lebih termotivasi dan tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan media Plickers merupakan salah satu alternatif yang efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jese

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Educational Science and E-Learning (JESE) adalah jurnal ilmiah nasional yang berfokus pada penelitian dan pengembangan dalam inovasi dan teknologi bidang pendidikan, pembelajaran, dan e-learning. Jurnal ini terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Focus and Scope jurnal ...