Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2024): Juli

Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V

Atria Salsabila Nur (Unknown)
syamsiah syamsiah (Universitas Negeri Makassar)
harniaty harniaty (UPT SPF SDN 197 Sapolohe)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan  media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas(PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 30 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 21 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup. Kemudian dilakukan perbaikan proses pada pelaksanaan siklus II yaitu guru memberikan petunjuk atau arahan kepada siswa untuk memahami masalah yang kurang dipahami. Sehingga aktivitas belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori belum tuntas menjadi kategori tuntas pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan penerapan  media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...