Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2023): Juli

Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Dengan Model Problem Based Learning Di SD Muhammadiyah Sangonan IV

Lina Setyarini (SD Muhammadiyah Sangonan IV)
Nurhaedah Nurhaedah (PGSD Universitas Negeri Makasar)
Muh Hamkah (SD Negeri Tidung)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learing (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Muhammadiyah sangonan IV dengan jumlah 20 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal pelajaran tema 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 4. Hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai 60. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 71 dan pada siklus II meningkat menjadi 85. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar pembelajaran tematik pada siswa kelas VB Semester I di SD Muhammadiyah Sangonan IV tahun pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...