Keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SD Negeri Gondoriyo 03 dikatakan belum berhasil karena guru masih menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat, sehingga kompetensi pembelajaran yang diharapkan belum dapat tercapai dengan baik. Untuk itu, penulis berusaha untuk melakukan observasi. Observasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar Bahasa Indonesia siswa terutama pada keerampilan berbicara dengan penerapan model pembelajaran  interaktif. Model pembelajaran interaktif itu sendiri dapat mempermudah siswa dalam mengembangkan potensinya, terutama pada keterampilan berbicara. Dengan penerapan model pembelajaran interaktif, ternyata prestasi belajar siswa dapat meningkat.Observasi ini dilaksanakan dalam 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus ketuntasan belajar 65,2%, siklus I meningkat dengan ketuntasan belajar 68,6% dan siklus II dengan ketuntasan 70,8%. Hasil aktivitas belajar siswa pada pra siklus aktivitas siswa sebesar 80,75%, siklus I meningkat mencapai 81,5% dan siklus II mencapai 83%. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Kata kunci: Pembelajaran Interaktif; Diskusi; Keterampilan Berbicara
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022