Penelitian ini dilatarbelakangi kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini terjadi karena beberapa faktor seperti kurikulum yang padat, metode pengajaran yang kurang menarik, atau kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan Model Discovery Learning dalam meningkatkan tingkat keaktifan belajar siswa kelas IV di SDN 258 Teddaopu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini tindakan yang digunakan adalah peneliti bertindak sebagai guru, kemudian untuk mengatasi permasalahan yang terjadi yaitu dengan menerapkan model discovery learning dalam meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SDN 258 Teddaopu. Subjek utama penelitian adalah siswa kelas IV SDN 258 Teddaopu dengan jumlah siswa 15 orang yang terdiri atas 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian pra siklus menunjukkan bahwa hasil rata-rata keaktifan siswa sebesar 45,42%, sedangkan pada siklus I memperoleh persentase 68,88% dan meningkat sebesar 84,98% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV di SDN 258 Teddaopu.
Copyrights © 2024