Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres 3/77 Patimpeng Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone. Sebanyak 16 siswa terdiri dari 9 perempuan dan 7 laki – laki. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, mendeskripsikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari hasil belajar mata pelajaran IPA dari siklus I ditemukan bahwa 9 orang dari 16 siswa memperoleh nilai tuntas (56,25%) dan 7 dari 16 siswa (43,75%)) yang memperoleh nilai tidak tuntas sehingga ketuntasan yang diperoleh masih berada pada kategori Cukup, kemuadian meningkat pada siklus II ditemukan 13 dari 16 siswa (81,25 %) yang memperoleh nilai tuntas dan 3 dari 16 siswa (18,75 %) yang memperoleh nilai tidak tuntas dalam kategori Baik yang menunjukkan tujuan pembelajaran tercapai dengan demikian, model PJBL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Copyrights © 2024