Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 1 (2023): Maret

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Problem Based Learning Kelas V Di SD Negeri Sumberharjo

Amir Pada (PGSD Universitas Negeri Makassar)
Retno Anggraheni (SD Negeri Sumberharjo)
Muh Hamkah (SD Negeri Tidung)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  pada tema tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Sumberharjo dengan jumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 4 Sehat Itu Penting. Kemudian hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Setelah diterapkan model pembelajaran PBL pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 41,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,67%. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar Tema pada siswa kelas V Semester I di SD Negeri Sumberharjo Kecamatan Pacitan tahun pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...