Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2024): Maret

Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Android Terhadap Literasi Kritis Siswa Kelas V di SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar

Nurisna Nurisna (PGSD Universitas Negeri Makassar)
Nurhaedah Nurhaedah (Unknown)
Muhammad Irfan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SDN 69 Galesong I yang berkaitan dengan literasi kritis siswa kelas V, masih banyak siswa yang belum memiliki semangat yang tinggi dalam membaca dan rendahnya minat baca peserta didik. Hal ini terlihat ketika jam istirahat peserta didik lebih memilih berkunjung ke kantin sampai waktu istirahat berakhir, selain itu mereka juga lebih senang bermian dibandingkan membaca buku. Hal ini menunjukkan kurangnya  literasi kritis siswa. Beranjak dari masalah tersebut maka tujuan dari penelitian ini yakni  untuk mengetahui gambaran penggunaan buku cerita bergambar berbasis android pada siswa kelas V di SDN 69 GALESONG I, untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi kritis siswa kelas V di SDN 69 Galesong I, untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku cerita bergambar berbasis android terhadap literasi kritis siswa kelas V di SDN 69 GALESONG I. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V di SDN 69 Galesong I Kabupaten Takalar. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu 24 siswa kelas V A dan 20 siswa kelas V B yang dipilih dengan teknik pourposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes obyektif yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran. Data dianalsis menggunakan analisis deskriptif dan inverensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan penerapan buku cerita bergambar berbasis android pada pemberian soal pretest berjalan den///gan efketif dengan presentase 60% dan pemberian soal posttes berjalan sangat efektif dengan presentase 93% peningkatan literasi kritis siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil analisis inferensial dengan menggunakan independent sampel t-test menunjukkan nilai probabilitas sebesar 0,00 < taraf signifikan 0,05 dan Thitug  sebsar 18,060 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan media buku cerita bergambar berbasis android terhadap literasi kritis siswa kelas V di SDN 69 Galesong I Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Kata Kunci: Literasi Kritis; Buku Cerita Bergambar Berbasis Android Terhadap  Literasi Kritis Siswa 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...