Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2024): Maret

Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi di SDN 065 Bala Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar

Suci Wulandari (Universitas Negeri Makassar)
Muh Faisal (PGSD Universitas Negeri Makassar)
Latri Latri (PGSD Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis ex post facto. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial dan analisis akhir (pengujian hipotesis) dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan tujuan untuk mengetahui gambaran pemberian untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi di SDN 065 Bala Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 85 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pemberian penguatan verbal siswa kelas tinggi berada pada kategori baik, dan motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat baik. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas tinggi di SDN 065 Bala Kecamatan Balanipa Kabupaten Polewali Mandar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...