Untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas III di SD Negeri 1 Gebangmekar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dibagi ke dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi pada pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas III dapat ditingkatkan dengan model Problem Based Learning. Terbukti dari penilaian kelompok siswa terdapat peningkatan pada siklus I rata-rata nilai 60 - 70, dan hasil pada siklus II rata-rata nilai 80 - 100. Model Problem Based Learning ini dapat dilaksanakan oleh guru SD karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mengubah pemikiran siswa belajar adalah hal yang menyenangkan. Kata kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022